Bagaimana Cara Tetap Survive Menjadi Penulis Kreatif ?

Bagaimana Cara Tetap Survive Menjadi Penulis Kreatif ?

PenulisKreatif.com – Ada yang bertanya kepada saya Bagaimana Cara Tetap Survive Menjadi Penulis Kreatif ? Mengingat jasa penulisan tidak selamanya ada klien. Ya, begitulah namanya juga usaha jasa. Kadang klien membludak, kadang juga belum ada. Saya tidak pernah mengatakan tidak ada, karena klien akan selalu datang, ungkapan yang tepat adalah belum ada, benar kan?

Bagaimana jika saat klien belum ada, apa yang dilakukan?

Kita adalah penulis, jadi tugas kita ya menulis. Saat belum ada klien pun ya kita harus tetap menulis. Menulis apa saja yang bisa mendatangkan uang atau berpotensi untuk mendatangkan uang. Jadi bingung kan? Ok saya akan jelaskan secara ringkas apa saja yang termasuk menulis mendatangkan uang dan menulis yang berpotensni mendatangkan uang.

Menulis untuk Mendatangkan Uang

Saat Anda sudah memutuskan menjadi penulis atau bahasa kerennya full time writer, maka jangan pernah kembali lagi untuk meninggalkan profesi ini. Apa ada yang seperti itu? Banyak. Hanya di awal-awal saja semangatnya untuk menjadi penulis membara, berkobar-kobar. Tapi saat sepi job hatinya mulai goyah, galau, tidak menentu. Dan akhirnya ……. ditinggalkannya profesi yang awal-awalnya di gadang-gadang ini. Bahkan ia mencerca profesinya sendiri, seperti ungkapan; menulis itu sulit, susah cari klien, menulis capek karena kerjanya banyak revisi keinginan orang dalam tulisan, dll.

Penulis Kreatif
sumber image selasar.com

 

Tuh kan, sama sama profesi aja Andagak setia apalagi sama partai, ups.. apa hubungannya ya. He…. Tapi bener lho sebenarnya banyak yang bisa dikerjaan saat klien tak kunjung datang. Beberapa alternatif ini bisa dilakukan, misalnya:
• Menerbitkan buku dan memasarkannya sendiri
• Menulis untuk konten website instansi / perusahaan
• Menjadi penulis pembantu seorang penulis senior
• Mencoba buka jasa copywriting untuk pebisnis online
• Membuka usaha penulisan artikel
• Mengirim artikel ke surat kabar
• Dll
Masih banyak sebenarnya, hanya tidak mungkin kan ditulis dalam artikel ini semua. Intinya jika kita jeli untuk melihat peluang sebenarnya dengan skilll Andamenulis Andatidak akan kesulitan untuk mendapatkan penghasilan. Gak percaya, coba aja sendiri. He …

BACA JUGA   Penulisan Kreatif, Alexa Rank, Fokus pada Niche

Menulis yang Berpotensi Mendatangkan Uang

Daripada melakukan yang diatas tadi, saya lebih cenderung melakukan yang kedua ini. memang tidak instan, tapi sangat berpeluang dalam mendatangkan uang yang relatif besar. Caranya adalah dengan menulis artikel di blog kita sendiri untuk menjual jasa kita. Dengan cara ini kita bisa menulis apa saja yang berpotensi menjadi uang baik melalui kerja pribadi atau kerja sama.

Saat klien tak kunjung datang mungkin karena blog yang kita miliki hanya berisi segelintir artikel saja. Andaharus tetap rajin menulis dengan menawarkan bentuk kerja sama lainnya. Alhamdulillah saya pernah melakukannya, dan berhasil. Jika saya bisa Andapun pasti bisa kok. Kuncinya tetap berusaha dan harus tetap dicoba apa pun bentuknya.

BACA JUGA   Manfaat Menguasai Penulisan Kreatif

Melalui blog sederhana ini, saya bukan hanya mendapatkan klien. Tapi Alhamdulillah saya juga bisa memasarkan jasa penulisan teman. Dengan permintaan klien yang ada saat ini juga Alhamdulillah banyak yang bisa menndapatkan rizki dari project yang kami terima. Mulai jasa desain, translator, fotografer, tata rias dan yang lainnya.

Bahkan beberapa bulan lalu saya sempat kaget karena ekspektasi klien melebihi yang saya bayangkan untuk jasa penulisan ini. Ada yang hingga meminta tolong untuk dicarikan notulen dan seksi umum untuk pembuatan film yang dibiayai oleh perusahaan kecantikan di negeri ini. Ya, sebisa mungkin saya bantu mencarikan partner penulis yang cocok untuk pekerjaan itu.

Intinya, dalam menjalani profesi apapun diperlukan komitmen. Jika Anda komitmen untuk terus bekerja, sabar dan tekun belajar pada profesi yang Anda jalani, Insaa Allah semua akan mendatangkan hasil. Dan ini juga berlaku bagi profesi penulis yang mungkin akan Anda tinggalkan. Tetap semangat !

Sekian pembahasan kita kali ini tentang Bagaimana Cara Tetap Survive Menjadi Penulis Kreatif ? Anda bisa menanyakan kepada saya tentang berbagai hal tentang pembahasan diatas. Insaa Allah akan saya jawab semampu saya. Silahkan tinggalkan komentar dibawah kolom komentar ya sobat. Anda juga bisa mendapatkan bacaan tantang Penulis Kreatif lainnya di postingan lain blog ini.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2019 PENULIS KREATIF

Iwan Wahyudi adalah Penulis Biografi, Ghost Writer dan Content Strategist yang mulai banyak dikenal di Indonesia. 

Sebagai penulis biografi dan ghost writer telah membantu 20 an klien menyelesaikan penulisan bukunya. 

Sebagai content strategis bukan hanya menjadikan situs yang dikelola banyak dikenal oleh klien, tapi juga dengan itu ia dapat membantu penulis profesional lainya dalam mendapatkan klien sesuai kapasitasnya. 

Kini ia mulai merintis self publihing dengan harapan bisa membantu klien mulai dari penulisan konten buku, pewajahan hingga cetak buku sesuai budget yang disediakan oleh setiap klien. 

Ia akan tetap membuka peluang kerjasama dengan pihak manapun, baik pribadi, perusahaan, agency desain, advertising dan yang lainnya untuk tetap memberikan konten yang kreatif dan berkualitas. 

Minat bekerja sama ? Silahkan WA di 0857 1149 4600