Bagaimana Content Strategy yang Tepat Bagi Sebuah Blog dengan Niche Spesifik?

Bagaimana Content Strategy yang Tepat Bagi Sebuah Blog dengan Niche Spesifik?

PenulisKreatif.com – Bagaimana Content Strategy yang Tepat Bagi Sebuah Blog dengan Niche Spesifik? Nah, pembahasan kita kali ini adalah tentang content strategy lagi ya. Pembahasan yang mungkin kurang menarik bagi sebagian blogger, tapi bagi saya sangat penting. Karena tanpa content strategy yang tepat seorang owner blog jadi bingung, untuk apa sih blognya ini dibuat?

Parah juga kan jika blog sudah banyak postingannya, lalu dipertengahan jalan arahnya diubah, dengan banyak alasan, tapi biasanya karena faktor monetisasi. Ya seseorag seolah-olah merasa rugi jika punya blog yang tidak menghasilkan sesuatu. Benar kan? Apa mungkin Anda juga termasuk yang seperti ini?

Padahal apa-apa yang sudah dimulai adalah sebuah nilai lebih, termasuk untuk sebuah blog. Karena bagaimana pun blog ini fungsi utamanya tetap seperti sebuah usaha bagi kita. Biasanya calon costumer akan melihat sebuah blog karena:

  1. Usianya, semakin lama usianya menunjukkan jika pemilik blog serius membuat blog itu. Ini jadi pertimbangan pertama jika dua buah blog mempunyai point-point sama selain pada faktor usia. .
  2. Kualitas postingan. Tidak semua yang usianya lebih tua lebih bagus kontennya, kadang yang muda tapi dikelola secara profesional hasilnya akan lebih baik.
  3. Fokus niche. Ada blog yang pembahasannya terlalu spesifik, seperti blog ini. Tapi banyak juga blog yang isinya gado-gado. Saya lebih suka yang spesifik, karena akan memudahkan saya setiap kali akan posting di sebuah blog.
BACA JUGA   Fokus pada Niche Blog untuk Content Strategy, Sebesar Apa Pengaruhnya?

content strategy blog niche spesifik

Bagaimana content strategy yang tepat untuk blog niche spesifik?

  1. Menetapkan tujuan blog

Apa tujuan Anda membuat sebuah blog? Hanya fokus pada branding, penghasilan atau keduanya? Sebisa mungkin memang keduanya bisa dilakukan, karena memang antara branding dan penghasilan akan berjalan seiringan. Branding yang bagus = penghasilan yang bagus.

  1. Menetapkan alur blog

Awal membuat blog mungkin kita ingin alurnya lembat, supaya bahan postingan tidak habis. Tapi ternyata kenyataannya sebaliknya, apa yang seharusnya menjadi point utama, harus keluar lebih dulu, padahal masih beberapa postingan.

Lalu bagaimana selanjutnya?

Coba cari point lainnya yang pasti masih ada hubunganya dengan blog kita. Misalnya blog ini awalnya untuk penulisan buku kreatif. Tapi karena lumayan bagus hasilnya, maka saya pakai untuk marketing jasa penulisan konten lainnya.

Jadi seperti itu, yang penting harus berani memulai saja, tanpa perlu banyak pikir bagaimana blognya nantinya; menghasilkan atau tidak.

  1. Mengetahui prospek blog ke depan

Ini adalah hal yang menarik sebagai seorang blogger, bisa melihat prospek yang dimiliki oleh blognya ke dapan akan sebesar apa. Ini penting sebagai penyemangat para pemilik blog.

BACA JUGA   Fungsi Content Strategist dalam Industri Website

Seperti blog ini sejak awal dibuat memang untuk jasa penulisan, tapi saat ini dengan makin di kenal oleh visitornya, terutama di Indonesia, maka wajar jika layanan yang diberikan bertambah.

Tentu semua tidak masalah jika kiita dan tim masih bisa mengatasinya. Tapi jika sudah banyak layanan yag terbengkalai hanya karena penambahan satu layanan baru, maka perlu dipertimbangkan lagi layana mana yang menjadi prioritas?

  1. Rutin melakukan posting sesuai niche

Memang investasi paling berharga dalam sebuah blog itu adalah artikel. Maka bagi Anda yang ingin kaya dengan investasi blogger, harus dipikirkan bagaimana Anda mendapatkan setiap artikel yang siap Anda posting  secara berkala. Saya pribadi lebih suka menulis sendiri sebuah artikel untuk blog saya.

Alasannya simple, selain lebih bisa menghemat, cara ini juga lebih direkomendasikan oleh Google, karena gaay bahasa pada setiap postingan nantinya sama. Jadi semakin mudah pegunjung untuk memahami setiap artikel yang ada di dalamnya.

Elemen dari Content Strategy

 

Tertarik menggunakan jasa content strategy kami ?

Silahkan dapatkan detailnya disini 

Facebook Comments
BERGABUNG BERSAMA KAMI
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Bergabunglah dengan lebih dari 3.000 orang yang telah menerima email rutin dari saya, dan pelajari cara menulis kreatif di sosial media, artikel blog dan buku. Siapa tahu ini bisa menjadi penghasilan sampingan bahkan utama Anda
Email Anda aman bersama kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2020 PENULIS KREATIF

                           PERKENALAN    

Iwan Wahyudi adalah Penulis Biografi, Ghost Writer dan Penulis Konten Perusahaan yang telah berpengalaman selama 10 tahun. 

Sebagai penulis telah membantu 30 + klien personal menyelesaikan penulisan bukunya. Ia bersama tim juga telah menyelesaikan puluhan konten perusahaan, baik berupa laporan (seperti annual report, sustainability report, CSR report) maupun yang berupa buku dokumentasi dan informasi (seperti buku sejarah dan majalah perusahaan)

Atas pencapaiannya maka ia mendapatkan kepercayaan untuk menulis buku sejarah perusahaan (biasanya untuk memperingati ulang tahun perusahaan) yang dibiayai oleh sponsor dengan syarat dan kriteria tertentu.

Ia akan tetap membuka peluang kerjasama dengan pihak manapun, baik pribadi, perusahaan, instansi, organisasi, advertising dan yang lainnya untuk menghasilkan buku yang kreatif dan berkualitas dari segi isi dan tampilan.

Minat bekerja sama ? Silahkan WA di 0822 3000 3636