Beberapa Pertanyaan Penting tentang Autobiografi

Beberapa Pertanyaan Penting tentang Autobiografi

Apa yang dimaksud dengan autobiografi ?

Autobiografi adalah jenis buku kisah hidup yang rantang penulisannya sejak tokoh lahir hingga saat ini. Namun ada pula yang mengartikan autobiografi sebagai buku kisah hidup yang penulisannya ditulis sendiri oleh tokohnya. Mekipun dalam prakteknya sang tokoh meminta bantuan kepada penulis atau editor untuk menuliskan atau sekedar mengedit bahan tulisan yang sudah ada.

Bagaimana contoh autobiografi ?

Contoh autobiografi yang pernah saya tulis ada beberapa. Yaitu tentang autobiografi seorang ahli pajak, sejak beliau lahir hingga menjelang masa pensiunnya. Saya juga pernah membantu editing naskah dan penerbitan buku tokoh yang pernah bertugas sebagai Atase Pertanian RI di Uni Eropa yang saat itu bertempat di Brussel, Belgia.

Apa perbedaan biografi dan autobiografi ?

Biografi adalah jenis buku kisah hidup yang rentang penulisannya antara tokoh lahir hingga meninggal. Sedangkan dalam arti yang lain sebagaimana diatas, maka biografi adalah buku kisah hidup yang penulisanya dilakukan oleh orang lain untuk menulis kisah hidup tokohnya.

Apa ciri-ciri autobiografi ?

Ciri-ciri buku autobiografi adalah buku kisah hidup yang didalamnya menceritakan kisah hidup tokoh sejak lahir hingga saat ini. Jadi penulisannya mmebutuhkan banyak data dan narasumber untuk melengkapi tulisan, karena rentang penulisan yang sangat panjang.

BACA JUGA   Buku Biografi tentang Kegalauan Seorang Einstein

Bagaimana struktur autobiografi ?

Struktur penulisan autobiografi biasanya ditulis secara runut. Sejak awal hingga saat ini. Alangkah bagusnya jika penulis juga mendapatkan data tentang latar belakang keluarga tokoh, sehingag bisa menuliskan lebih detail bagaimana keadaan keluarga sejak kakek-nenek, orangtuanya, sehingga pembaca bisa mendapatkan gambaran tentang keluarga yang melatar belakangi tokoh hingga beliau bisa melakukan hal yang bermanfaat dan menginspirasi saat ini.

Bagaimana cara membuat autobiografi ?

Cara membuat biografi adalah dengan mengumpulkan bahan-bahan penulisan yang dibutuhkan untuk penulisan. Karena ini adalah buku kisah hidup, maka yang menjadi sumber bahan utama penulisan adalah dari wawancara. Karena itu penting untuk membuat daftar siapa saja yang akan menjadi narasumber dalam penulisan buku.

Lalu kita mengurutkannya sesuai perjalanan tokoh. Jadi nanti ada narasumber saat tokoh masih anak-anak, remaja, dewasa hingga saat ini. Yang terpenting dalam menulis autobiografi dan buku kisah hidup lainnya adalah bagaimana bisa menciptkan suasana wawancara yang hangat dan akrab, sehingga kita bisa mendapatkan banyak cerita tentang tokoh yang ini semua akan sangat bermanfaat dalam proses penulisan autobiografi.

BACA JUGA   Cara Cerdas Menjadi Penulis Memoar Biografi di Indonesia

Bagaimana contoh autobiografi panjang ?

Buku kisah hidup, apapun itu, baik autobiografi atau yang lain, panjang atau pendeknya tergantung dengan tujuan penulisan dan permintaan tokoh. Seorang penulis hanya mengikuti bagaimana permintaan tokoh yang ditulis. Untuk panjang atau tidaknya nanti menyesuaikan kebutuhan tokoh/

Adakah contoh autobiografi dari lahir sampai SMA singkat ?

Untuk ini bisa dilihat pada buku-buku autobiografi yang sudah diterbitkan. Disana ada kisah sejak tokoh masih kecil hingga masa SMA. Bisa dipelajari sendiri bagaimana cara penulisannya.

Adakah contoh autobiografi dalam bahasa Inggris ?

Banyak rujukan untuk mendapatkan contoh autobiografi dalam bahasa Inggris. Kita bisa mendapatkan informasinya di toko online internasional, seperti amazone.com, alibaba.com dll. Memang kadang kita harus belajar bagaimana penulis luar negeri menulis autobiografi dengan baik dan menarik.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2019 PENULIS KREATIF

Iwan Wahyudi adalah Penulis Biografi, Ghost Writer dan Content Strategist yang mulai banyak dikenal di Indonesia. 

Sebagai penulis biografi dan ghost writer telah membantu 20 an klien menyelesaikan penulisan bukunya. 

Sebagai content strategis bukan hanya menjadikan situs yang dikelola banyak dikenal oleh klien, tapi juga dengan itu ia dapat membantu penulis profesional lainya dalam mendapatkan klien sesuai kapasitasnya. 

Kini ia mulai merintis self publihing dengan harapan bisa membantu klien mulai dari penulisan konten buku, pewajahan hingga cetak buku sesuai budget yang disediakan oleh setiap klien. 

Ia akan tetap membuka peluang kerjasama dengan pihak manapun, baik pribadi, perusahaan, agency desain, advertising dan yang lainnya untuk tetap memberikan konten yang kreatif dan berkualitas. 

Minat bekerja sama ? Silahkan WA di 0857 1149 4600