10 Buku yang Wajib Dibaca di Usia 20 Tahun

Buku yang Wajid Dibaca di Usia 20 Tahun

Tahu buku apa saja yang wajib dibaca? Terlebih bila Anda berada di umur 20-an. Apakah Anda pernah mendengar istilah quarter life crisis? Banyak pendapat yang mengatakan bahwa setiap orang yang memasuki usia 20 tahun pasti mengalami quarter life crisis. Yakni fase krusial untuk menentukan kehidupan selanjutnya, yang apabila gagal maka hidup akan menjadi lebih sulit. Ada 10 buku yang wajib dibaca di usia 20 tahun untuk bekal menghadapi quarter life crisis.

Memperbanyak membaca buku adalah cara mudah mempersiapkan diri untuk menghadapi quarter life crisis atau krisis perempat usia. Kehidupan usia 20 tahun adalah fase yang paling krusial dalam hidup manusia. Pada fase ini manusia dianggap sebagai seseorang yang sudah mampu menentukan hidupnya masing-masing.

Pada usia ini pula manusia akan menghadapi yang namanya quarter life crisis. Yaitu krisis paling hebat tentang menemukan jati diri. Kegalauan paling besar untuk menentukan pilihan hidup. Memilih antara bersenang-senang terlebih dahulu atau bekerja keras meniti karir. Jika Anda sukses melewati fase sulit ini maka kehidupan Anda ke depan akan menjadi lebih baik.

Bagaimana jika ternyata gagal? Apakah selamanya mereka menjadi manusia yang tidak berguna? Hal ini terdengat menakutkan memang. Dan alasan ini pula yang mengharuskan Anda yang kini berusia 20 tahun harus cermat dalam menentukan pilihan hidup.

Mulai sekarang, cobalah untuk mengurangi kegiatan tidak penting yang membuang-buang waktu berharga Anda, contohnya saja bermain sosial media. Belajarlah untuk memanfaatkan masa muda dengan sebaik mungkin dan mulai mempersiapkan diri dalam menghadapi quarter life crisis.

Ada banyak upaya yang bisa Anda lakukan untuk membekali diri, salah satunya dengan membaca buku. Daftar 10 buku yang wajib dibaca di usia 20 tahun berikut akan membantu Anda dalam mempersiapkan diri menghadapi kehidupan berikutnya.

Ini Daftar 10 Buku yang Wajib Dibaca di Usia 20 Tahun

Kehidupan usia 20 tahun memang menjadi masa yang paling menyenangkan sekaligus fase paling berat karena tantangan hidup menjadi sangat beragam. Masa ini adalah fase dimana manusia di anggap sudah mampu menentukan pilihan hidupnya sendiri. Anggapan ini mungkin saja menjadi beban apabila Anda tidak memiliki bekal yang cukup dan hanya berdiam di zona nyaman saja.

Lain cerita apabila Anda memiliki pengetahuan yang luas. Menghadapi fase paling krusial dalam kehidupan tidak akan menjadi begitu sulit. Berbicara terkait masa muda adalah tentang hal apa saja yang harus kita pelajari. Karena masa usia 20 tahun adalah penentu untuk kita bisa memiliki kehidupan yang baik di usia 30 tahunan.

BACA JUGA   10 Buku Jurnalistik Terkemuka yang Harus Anda Baca

Rekomendasi 10 buku yang wajib dibaca di usia 20 tahun berikut akan membantu Anda mengembangkan pola pikir baru untuk menjalani kehidupan. Penasaran apa saja bukunya? Ini daftar lengkapnya!

1.      Filosofi Teras Oleh Henry Manampiring

Buku pertama yang harus Anda khatamkan di usia 20 tahun adalah Filosofi Teras milik Henry Manampiring. Buku karya Henry Manampiring ini menyajikan bagaimana cara mengendalikan emosi.

Bahasa dalam buku Filosofi Teras ini tergolong ringan. Anda tidak akan diminta berpikir keras hanya untuk memahami apa yang ingin disampaikan oleh penulis. Ketika Anda sukses mengendalikan emosi, perjalanan untuk menaklukan quarter life crisis akan sedikit lebih mudah. Percayalah!

2.      The Power of Habit Milik Charles Duhigg

Buku kedua dari 10 buku yang wajib di baca di usia 20 tahun adalah The Power of Habit karya Charles Duhigg. Sesuai dengan tajuknya, buku ini menjelaskan dengan rinci bagaimana suatu kebiasaan dapat terbentuk.

Usia muda adalah fase krusial dimana kebiasaan hidup Anda akan mempengaruhi kualitas hidup. Jika Anda menyadari ada kebiasaan buruk yang sukar hilang dari diri Anda sendiri, maka segeralah mengkhatamkan buku yang satu ini.

Melalui pendekatan sains, pengamatan dan juga pengalaman pribadi, Charles Duhigg sukses mengemas cerita menarik yang akan membantu Anda menyadari kebiasaan buruk dan juga cara untuk merubahnya. Sangat direkomendasikan!

3.      The Subtle Art of Not Giving a F*ck Milik Mark Manson

Mengawali pertengahan usia 20 tahun, mungkin Anda akan merasakan insecure. Merasa rendah diri atau tidak mampu, sehingga selalu membandingkan apa yang kita punya dengan kesuksesan milik orang lain.

Jika Anda mencari motivasi supaya tidak menyerah, Anda tidak akan menemukannya di buku ini. The Subtle Art of Not Giving F*ck tidak menyajikan kata-kata motivasi, tetapi mengajak Anda untuk berpikir realistis dan juga menemukan cara untuk mencintai kekurangan pada diri sendiri.

4.      I am My Own Home Oleh Isyana Artharini

Buku ini menceritaka tentang seorang perempuan mandiri yang sudah memasuki usia 30 tahun, tetapi belum menikah. Buku ini menekankan bagaimana cara untuk menghadapi quarter life crisis melalui sudut pandang seorang perempuan.

5.      Muda Berdaya Karya Raya Oleh Fahd Pahdelpie

Buku milik Fahd Pahdelpie ini membahas quarter life crisis dengan cara yang cukup unik. Jika Anda mencari bagaimana cara menjalani krisis perempat usia, maka Anda tidak menemukan itu disini. Karena bentuk krisis setiap manusia akan berbeda – beda dan cara mereka untuk survive juga berbeda.

BACA JUGA   10 Buku Jurnalistik Terkemuka yang Harus Anda Baca

Buku ini mengajak Anda untuk membuktikan kemampuan diri. Dalam menghadapi krisis perempat usia, lewat buku ini Fahd tidak meminta Anda untuk meniru cara survive orang lain, tetapi fokus dengan menciptakan jalan keluar sendiri.

6.      Adulthood is A Myth Oleh Sarah Andersen

Urutan selanjutnya dari daftar buku yang wajib Anda baca di usia 20 tahun adalah Adulthood is A Myth. Sarah Andersen tidak menyajikan kata-kata motivasi dalam buku ini. Alih-alih motivasi, buku ini adalah sebuah komik yang menyajikan cerita kehidupan sehari-hari.

Melalui Adulthood is A Myth, Sarah memberi tahu pembaca bahwa proses untuk menjadi dewasa adalah hal yang cukup menggelikan.

7.      Don’t Worry, It Gets Worse Milik Alida Nugent

Buku selanjutnya dari 10 buku yang wajib dibaca di usia 20 tahun adalah Don’t Worry, It Gets Worse karya Alida Nugent. Bersama buku ini, Anda akan menemukan sebuah fakta bahwa selalu ada kehidupan yang lebih baik apabila Anda tidak berhenti untuk berusaha.

8.      Aku, Meps, dan Beps oleh Reda Gaudiamo, Soca Sobitha, dan Cecilia Hidayat (Ilustrator)

Novel karya Reda Gaudiamo, Soca Sobitha dan juga Cecilia Hidayat ini akan membawa Anda kembali pada kehidupan masa kecil. Untuk Anda yang haus akan nostalgia, sebelum meninggalkan usia 20 tahun buku ini harus Anda tamatkan!

9.      The Alchemist Oleh Paulo Coelho

Selain Aku, Meps dan Beps ada buku yang harus Anda baca di usia 20 tahun lainnya, yakni The Alchemist karya Paulo Coelho. Buku bacaan untuk Anda yang sedang pusing dengan krisis perempat usia tidak serta merta buku yang memaksa kepala berpikir dua kali lebih keras. Novel best seller milik Paulo Coelho ini menyajikan cerita sederhana yang cukup menghibur.

10.  Awaken the Giant Within : How to Take Immediate Control of Your Mental, Emotional, Physical and Financial Destiny! Karya Anthony Robbins

Buku terakhir dalam 10 buku yang wajib dibaca di usia 20 tahun adalah karya Anthony Robbins. Buku ini membahas bagaimana cara untuk mengubah pola pikir anak muda dalam memandang problematika kehidupan. Sangat di rekomendasikan untuk Anda yang sedang galau dengan quarter life crisis!

Facebook Comments
BERGABUNG BERSAMA KAMI
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Bergabunglah dengan pengunjung lainnya untuk menerima email rutin dari saya tentang kreativitas yang penting untuk penulisan artikel, blog dan buku
Email Anda aman bersama kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Copyright © 2021 PENULIS KREATIF

                           PERKENALAN    

Iwan Wahyudi adalah Penulis Biografi, Ghost Writer dan Penulis Konten Perusahaan yang telah berpengalaman selama 10 tahun. 

Sebagai penulis telah membantu 30 + klien personal menyelesaikan penulisan bukunya. Ia bersama tim juga telah menyelesaikan puluhan konten perusahaan, baik berupa laporan (seperti annual report, sustainability report, CSR report) maupun yang berupa buku dokumentasi dan informasi (seperti buku sejarah dan majalah perusahaan)

Atas pencapaiannya ia juga  mendapatkan kepercayaan untuk membantu penerbitan buku kuliah berbagai universitas yang ada di Indonesia. Dengan cara ini ia memberi sumbangsih untuk turut mencerdaskan anak bangsa. 

Ia akan tetap membuka peluang kerjasama dengan pihak manapun; pribadi, perusahaan, instansi, organisasi, lembaga pendidikan dan yang lainnya untuk menghasilkan buku yang kreatif dan berkualitas dari segi isi dan tampilan.

Minat bekerja sama ? Silahkan WA di 0822 3000 3636