10 Ide Bisnis Gila di Bidang Kepenulisan

Ide Bisnis Gila

Bagi beberapa kalangan, menulis merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan. Apalagi akhir-akhir ini, prospek pekerjaan di bidang kepenulisan sangat terbuka lebar. Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan informasi 10 ide bisnis gila di bidang kepenulisan. Jadi bagi Anda yang hobi menulis atau senang menuangkan ide dalam tulisan, artikel ini pasti akan berguna.

Beberapa Ide Bisnis di Bidang Kepenulisan

Kemampuan menulis merupakan aset berharga bagi orang yang memilikinya. Sehingga tidak menutup kemungkinan hobi ini bisa sampai ke ranah yang lebih mapan. Jika telaten, Anda bisa menghasilkan uang dengan cepat dan cara yang cukup sederhana. Berikut ini beberapa prospek kerja di bidang kepenulisan:

Penulis Blog

Ide bisnis kepenulisan pertama yaitu menjadi blogger. Profesi ini sangat menyenangkan. Selain dapat Anda lakukan paruh waktu, menjadi seorang blogger memudahkan dalam menuangkan kreatifitas.

Apalagi dukungan tekhnologi saat ini, seorang blogger dapat membuat karya di berbagai media. Tidak hanya melalui tulisan di blog saja, tapi bisa menulis di media sosial atau beberapa forum yang ada di internet.

Bagaimana penghasilan seorang blogger? Jika Anda melakukannya dengan sungguh-sungguh, tidak menutup kemungkinan bisa menjadi jutawan dari penghasilan ngblog. Bahkan, banyak blogger lain yang sudah merasakan hasilnya.

Penulis Bisang Akademis

Menulis di bidang akademis merupakan salah satu profesional karir yang berkembang dengan cepat. Pekerjaan ini meliputi riset, ide pada bidang sains yang lebih mudah dipahami.

Saat ini, penulis akademis bisa Anda lakukan secara online. Sehingga memungkinkan menjadi pekerja lepas (freelance). Apabila Anda cek pekerjaan bidang kepenulisan akademis, Anda bisa menemukan betapa banyak lowongan yang disediakan untuk pekerjaan ini.

Kisaran gaji penulis bidang akademis yang bisa Anda peroleh berkisar 370-450 juta/tahun.

Pebisnis Jasa Penulisan Artikel

Salah satu dari 10 ide bisnis gila di bidang kepenulisan yaitu menjadi penulis artikel. Saat ini, penulis artikel merupakan salah bisnis yang sedang trend di internet. Pertumbuhan jumlah blog yang semakin pesat menjadikan konten artikel yang berkualitas sangat dibutuhkan.

BACA JUGA   Bisnis Rumahan Saat Covid 19. Ini yang Cocok

Biasanya, tarif penulis artikel berkisar Rp. 2000 –  Rp. 5000 Rupiah untuk setiap 100 kata berbahasa Indonesia, dan Rp. 4000 – Rp. 7000 /100 kata berbahasa Inggris. Jadi jika membuat artikel 500 kata, Anda bisa memperoleh penghasilan hingga belasan ribu. Itu hanya dari 1 artikel saja, bagaimana jika Anda membuat 100 artikel dalam satu 1 bulan? Tentu hasil yang Anda peroleh juga akan semakin banyak.

Penulis dalam Bidang Bisnis

beberapa hal yang berkaitan dengan penulis bidang bisnis yaitu menulis email, pengumuman, membuat memo, rencana pembukaan bisnis, proposonal proyek, branding, presentasi, marketing campaign, buniness model, surat, dan lain-lain.

setiap tahunnya, kebutuhan bisnis penulis semakin meningkat. Baik pekerja lepas (freelancae) atau pekerja internal yang sudah direkrut secara kontrak maupun tetap.

Gaji penulis bidang bisnis biasanya berkisar mulai dari 300-500 juta/ tahun.

Screenwriter

Screenwriter merupakan seorang ide kreatif di balik pertelevisian atau perfilman. Anda dapat mengadaptasi tulisan dari novel ke dalam sebuah film.

Untuk menjadi seorang screenwriter handal, Anda harus memahami bagaimana cara membuat screenplay, karakter, dialog yang menarik. Selain itu, Anda juga harus siap ketika menghadapi kritikan, dan memperbaiki revisi merupakan hal yang paling sering dihadapi oleh screenwriter.

Penghasilan yang diperoleh oleh screenwriter juga beragam tergantung proyeknya. Namun, biasanya harganya di sekitar 50-300 juta/ tahun.

Translator

10 ide bisnis gila di bidang kepenulisan selanjutnya yaitu translator atau penerjemah.  Jika Anda menguasai atau fasih dalam 1 bahasa, Anda dapat bekerja sebagai translator. Kesempatan pekerjaan di bidang ini sangatlah terbuka lebar dan diharapkan dapat berkembang hingga 18 persen.

Menjadi translator memungkinkan Anda bisa bekerja di bagian hukum, pendidikan, kesehatan, atau publishing.

Biasanya, gaji translator berkisar di angka 75-120 juta/tahun.

Travel Writer

Saat ini kegiatan menulis tidak hanya dapat Anda lakukan di depan meja kantor. Bagi Anda yang gemar menulis dan juga bepergian, menjadi travel writer bisa menjadi salah satu referensi ide bisnis gila.

BACA JUGA   Pengertian Ide Peluang dan Nilai Tambah Bisnis

Membuat sebuah konten menarik dalam sebuah destinasi merupakan hal yang sangat menantang. Walaupun biasanya merupakan pekerjaan freelance. Tapi, gaji yang dapat Anda peroleh cukup menjanjikan.

Gaji travel writer tergantung proyek yang akan Anda terima atau sekitar 90-180 juta/tahun.

Penulis Dalam Bidang Editor

Dengan semakin banyaknya media online ataupun cetak, membuat prospek pekerjaan penulis menjadi terbuka lebar. Itu artinya, akan banyak membutuhkan seorang editor yang bekerja mengedit berbagai jenis tulisan yang akan masuk ke dalam berita.

Sama seperti penulis lainnya, pekerjaan editor juga tidak harus Anda kerjakan di kantor. Sebab Anda dapat melakukan pekerjaan ini di rumah.

Berapa gaji editor setiap tahunnya? Biasanya, sekitar 250-300 juta.

Penulis Buku

Kegiatan menulis buku merupakan salah satu pekerjaan yang juga bisa memberikan penghasilan. Apalagi jika berhasil menjadi salah satu best seller. Maka hasil yang Anda peroleh akan lebih banyak.

Oleh sebab itu, jika suka menulis. Anda bisa menghubungi pihak penerbit. Mereka biasanya akan sangat terbuka dan mau membimbing kita bagaimana cara menerbitkannya.

Membuat Tulisan Berupa Novel

Apabila Anda memiliki kemampuan membuat karakter yang menarik perhatian pembaca, dan juga membuat cerita unik. Bukan tidak mungkin Anda memiliki bakat menjadi seorang penulis novel.

Untuk menjadi seorang penulis novel tidak cukup mempunyai ide yang bagus saja, Anda harus bisa mengerjakan poin plot, karakter, dan dialog menarik.

Gaji yang bisa penulis novel peroleh biasanya tergantung dati royalti atau umumnya sekitar 145-700 juta setiap tahun.

Nah, itulah 10 ide bisnis gila di bidang kepenulisan bagi Anda yang suka menulis. Apabila Anda ingin memperoleh penghasilan tambahan, tidak ada salahnya mencoba beberapa ide menulis di atas. Semoga bermanfaat.

Facebook Comments
BERGABUNG BERSAMA KAMI
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Bergabunglah dengan pengunjung lainnya untuk menerima email rutin dari saya tentang kreativitas yang penting untuk penulisan artikel, blog dan buku
Email Anda aman bersama kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Copyright © 2021 PENULIS KREATIF

                           PERKENALAN    

Iwan Wahyudi adalah Penulis Biografi, Ghost Writer dan Penulis Konten Perusahaan yang telah berpengalaman selama 10 tahun. 

Sebagai penulis telah membantu 30 + klien personal menyelesaikan penulisan bukunya. Ia bersama tim juga telah menyelesaikan puluhan konten perusahaan, baik berupa laporan (seperti annual report, sustainability report, CSR report) maupun yang berupa buku dokumentasi dan informasi (seperti buku sejarah dan majalah perusahaan)

Atas pencapaiannya ia juga  mendapatkan kepercayaan untuk membantu penerbitan buku kuliah berbagai universitas yang ada di Indonesia. Dengan cara ini ia memberi sumbangsih untuk turut mencerdaskan anak bangsa. 

Ia akan tetap membuka peluang kerjasama dengan pihak manapun; pribadi, perusahaan, instansi, organisasi, lembaga pendidikan dan yang lainnya untuk menghasilkan buku yang kreatif dan berkualitas dari segi isi dan tampilan.

Minat bekerja sama ? Silahkan WA di 0822 3000 3636