Impian Menjadi Pengusaha Lokal dengan Beternak

Impian Menjadi Pengusaha Lokal dengan Beternak

Di sebuah media sosial, saya membaca postingan seorang teman, dimana ia bercerita bahwa ia yang punya rumah di desa, Kepala desa di sana bilang bahwa di sana nyaris tidak ada pengangguran. Di tahun 2020 malah banyak perantau yang kembali pulang ke desa itu untuk berwirausaha karena kehilangan pekerjaan mereka di kota. Di desa mereka hidup dari peternakan dan pertanian. Hasil panen langganan diborong oleh pedagang dari Jakarta dan sekitarnya.

Saya memahami beda orang bisa beda impiannya. Wajar jika ada anak muda yang ingin sukses bekerja kantoran di kota besar. Tapi yang ingin saya bilang di sini, menjadi petani di desa juga tidak apa-apa. Jika ingin menambah lapangan pekerjaan, dan jika ingin mengurangi ketergantungan dengan sayuran dan daging impor, wirausaha adalah solusi yang feasible. Bagi rekan-rekan yang sedang cari ide bisnis, pemanfaatan lahan di desa bisa menjadi opsi.

BACA JUGA   Pengertian Ide, Peluang dan Nilai Tambah dalam Bisnis

Kemudian bagi kita yang tidak memilih karier di bidang pertanian dan peternakan, setidaknya kita dukung mereka dengan membeli produk lokal. Memajukan local business adalah salah satu solusi terbaik untuk segera keluar dari resesi. Dukung local business dan jangan malah menjatuhkan mental mereka dengan bilang bisnis kecil-kecilan sama dengan pengangguran! Indonesia diberkahi dengan tanah subur yang masih sangat luas, ayo dimanfaatkan!

Facebook Comments
BERGABUNG BERSAMA KAMI
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Bergabunglah dengan lebih dari 3.000 orang yang telah menerima email rutin dari saya, dan pelajari cara menulis kreatif di sosial media, artikel blog dan buku. Siapa tahu ini bisa menjadi penghasilan sampingan bahkan utama Anda
Email Anda aman bersama kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 PENULIS KREATIF

                           PERKENALAN    

Iwan Wahyudi adalah Penulis Biografi, Ghost Writer dan Penulis Konten Perusahaan yang telah berpengalaman selama 10 tahun. 

Sebagai penulis telah membantu 30 + klien personal menyelesaikan penulisan bukunya. Ia bersama tim juga telah menyelesaikan puluhan konten perusahaan, baik berupa laporan (seperti annual report, sustainability report, CSR report) maupun yang berupa buku dokumentasi dan informasi (seperti buku sejarah dan majalah perusahaan)

Atas pencapaiannya ia juga  mendapatkan kepercayaan untuk membantu penerbitan buku kuliah berbagai universitas yang ada di Indonesia. Dengan cara ini ia memberi sumbangsih untuk turut mencerdaskan anak bangsa. 

Ia akan tetap membuka peluang kerjasama dengan pihak manapun; pribadi, perusahaan, instansi, organisasi, lembaga pendidikan dan yang lainnya untuk menghasilkan buku yang kreatif dan berkualitas dari segi isi dan tampilan.

Minat bekerja sama ? Silahkan WA di 0822 3000 3636