Latihan Sederhana Menulis Kreatif dengan 100 Kata Pertama

Latihan Sederhana Menulis Kreatif dengan 100 Kata Pertama

PenulisKreatif.com – Latihan Sederhana Menulis Kreatif dengan 100 Kata Pertama. Anda pernah merasa stag tanpa ide saat akan menulis? Saya yakin setiap penulis pasti akan merasakannya. Lalu, banyak yang bertanya bagaimana cara mendapatkan ide baru untuk menulis? Barry Davret, seorang penulis, ghost writer dan sebagai orang yang suka bereksperimen dalam kehidupan untuk produktivitas dan kreativitas, akan memberikan solusinya. Saya kira cara ini sangat simpel, karena itu saya sajikan dalam artikel ini.

Berikut sekilas cara yang diberikan oleh Barry,

Apakah Anda duduk di depan laptop Anda berjuang untuk memikirkan ide?

Bahkan jika otak Anda dipenuhi dengan ide-ide hebat, cobalah proses sederhana ini. Hasilnya mungkin mengejutkan Anda.

Latihan ini hanya membutuhkan sedikit waktu Anda. Saya akan menjelaskan latihan terlebih dahulu. Maka saya akan menunjukkan kepada Anda sebuah contoh.

Saya menyebutnya teknik Combo Pertanyaan.

Begini cara kerjanya.

Persiapan

Simpan aplikasi catatan atau pena dan kertas Anda di siang hari. Yang perlu Anda lakukan adalah memperhatikan.

Sepanjang hari Anda, tuliskan semua pertanyaan atau pemikiran yang tidak terjawab yang muncul di benak Anda. Jika Anda memikirkan pemikiran acak seperti “Saya berharap pasangan saya membersihkan diri dari makan malam”, ubah menjadi pertanyaan.

Mengapa pasangan saya tidak membersihkan dari makan malam?

Lalu, saya ingin Anda menempatkannya dalam dua kategori.

Pertanyaan Sehari-Hari

Beri label kategori pertama Anda sebagai pertanyaan sehari-hari. Peristiwa dan keadaan acak memicu pertanyaan-pertanyaan ini. Kita semua menghadapi mereka meskipun kita sedikit memperhatikan mereka.

BACA JUGA   Tips Menjadi Penulis Kreatif di Indonesia

Kapan makan malam siap?

Mengapa anak-anak saya tidak mau mendengarkan saya?

Bagaimana si brengsek di kantor ini bisa datang terlambat setiap hari?

Pertanyaan seumur hidup

Beri label kategori kedua sebagai pertanyaan hidup. Kami memikirkan pertanyaan-pertanyaan ini setiap hari tetapi kami tidak pernah mengharapkan jawaban yang nyata.

Apakah ada tuhan?

Seperti apa kehidupan di mana semua kebutuhan dasar kita terpenuhi dan uang tunai tidak ada lagi?

Bagaimana jika Jerman memenangkan Perang Dunia II?

Apakah dunia menuju perang lain?

Anda mungkin berpikir bahwa Anda jarang merenungkan pertanyaan-pertanyaan kehidupan ini. Saya yakin Anda melakukannya tetapi Anda gagal untuk memperhatikan. Habiskan satu jam dengan perhatian penuh pada apa yang Anda pikirkan. Tulis barang-barang. Pikiran acak yang berenang di sekitar otak Anda akan mengejutkan Anda.

Menggabungkan

Selanjutnya, kami membuat sihir. Perjuangan kreatif mengambil banyak bentuk. Teknik ini tidak akan menyelesaikan setiap perjuangan tetapi memecahkan dua yang terbesar.

Ide Besar Anda

Pembukaan Anda

Siap?

Pertama, tinjau kategori hidup Anda. Pilih satu pertanyaan. Itu akan menjadi ide besar Anda untuk kisah Anda.

Selanjutnya, tinjau kategori Anda sehari-hari. Pilih satu pertanyaan. Ini akan berfungsi sebagai pengaturan untuk pembukaan cerita Anda.

Mari kita lihat sebuah contoh.

BACA JUGA   Bagaimana Cara Tetap Survive Menjadi Penulis Kreatif ?

Dari kategori kehidupan: “Bagaimana jika Jerman memenangkan Perang Dunia II?”

Dari kategori sehari-hari: “Mengapa anak-anak saya tidak mau mendengarkan saya?”

Latihan Menulis Kreatif dengan 100 Kata Pertama

Contoh – 100 Kata Pertama

“Jangan pernah melakukannya lagi,” kataku pada putraku, Nathan. “Kau membahayakan seluruh keluarga kita. Jalanan merayap dengan mata-mata Nazi saat ini. ”

Nathan berlari ke kamarnya sambil menangis. Aku mengintip dari balik jendela ruang keluarga kami. Jalanan bersih. Kami menghindari peluru.

Ketakutan telah mengambil alih sejak simpatisan Nazi memenangkan mayoritas rumah pada tahun 1960 dan kemudian presiden pada tahun 1964. Sudah sepuluh tahun sejak pemilihan terakhir. Selama empat tahun pertama setelah mereka berkuasa, mereka mentolerir pemrotes. Hari ini, pengunjuk rasa menghilang, tidak pernah terlihat lagi. Kita yang berada dalam perlawanan tidak pernah berbicara di depan umum. Namun, kita mempertaruhkan hidup kita setiap hari.

Itulah seratus kata pertama dari novel potensial atau cerita pendek. Anda dapat mengikuti proses ini untuk segala jenis fiksi. Saya juga menggunakannya untuk menulis posting blog. Menggunakan pertanyaan sehari-hari bisa menjadi pembuka yang meyakinkan.

Cobalah sendiri. Mulai dengan seratus kata. Mari kita lihat apa yang Anda bayangkan.

Itulah cara sederhana memeahkan dua masalah menulis – kekurangan ide atau bahkan terlalu banyak ide -. Semoga cara ini bisa membantu Anda untuk menemukan ide baru yang segera bisa Anda tulis.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2020 PENULIS KREATIF

                           PERKENALAN    

Iwan Wahyudi adalah Penulis Biografi, Ghost Writer dan Penulis Konten Perusahaan yang telah berpengalaman selama 10 tahun. 

Sebagai penulis telah membantu 30 + klien personal menyelesaikan penulisan bukunya. Ia bersama tim juga telah menyelesaikan puluhan konten perusahaan, baik berupa laporan (seperti annual report, sustainability report, CSR report) maupun yang berupa buku dokumentasi dan informasi (seperti buku sejarah dan majalah perusahaan)

Atas pencapaiannya maka ia mendapatkan kepercayaan untuk menulis buku sejarah perusahaan (biasanya untuk memperingati ulang tahun perusahaan) yang dibiayai oleh sponsor dengan syarat dan kriteria tertentu.

Ia akan tetap membuka peluang kerjasama dengan pihak manapun, baik pribadi, perusahaan, instansi, organisasi, advertising dan yang lainnya untuk menghasilkan buku yang kreatif dan berkualitas dari segi isi dan tampilan.

Minat bekerja sama ? Silahkan WA di 0822 3000 3636