Manfaat Menguasai Penulisan Kreatif (2)

Manfaat Menguasai Penulisan Kreatif (2)

Sebelumnya sudah kita bahas bagaimana tentang kriteria penulisan kreatif. Kali ini kita akan bahas bagaimana Manfaat Menguasai Penulisan Kreatif bagi kita sebagai penulis. Hal ini sangat penting, apalagi dengan berbagai bahasan penulisan yang semakin lama semakin kompleks saat ini.

Sebagaimana jenis bisnis jasa lainnya, jasa penulisan juga sebaiknya dibuat untuk sebagai pemberi solusi bagi klien yang terkendala dalam penulisan buku. Sebagai penyedia jasa penulisan mempunyai kemamuan untuk selalu kreatif adalah sebuah keharusan, apalagi dalam bentuk tulisan yang dibuatnya.

Mengapa?

Karena jika kita sendiri tidak bisa melakukannya, maka akan banyak proyek penulisan yang tidak terselesaikan. Hal ini tentu tidak saja merugikan kita sebagai penulis, tapi juga klien yang biasanya untuk hal ini sudah sangat percaya dengan kemampuan kita.

Ok, kita setuju bahwa penulisan kreatif itu penting. Tapi jika boleh diuraikan, apa saja manfaat bagi penulis menguasai teknik penulisan kreatif?

1. Penulisan kreatif dapat menarik minat pembaca

Setiap hari berapa banyak buku baru yang diterbitkan di dunia ini? ribuan atau puluhan ribu mungkin. Dari sekian banyak buku yang diterbitkan itu, apa daya tarik buku yang Anda tulis?

Sebagai penulis (utama), co atau ghost writer adalah pilihan. Tapi menjadikan setiap konten menjadi kreatif adalah sebuah kewajiban.

BACA JUGA   Penulisan Kreatif, Alexa Rank, Fokus pada Niche

Apa saja kriteria penulisan kreatif sudah dibahas pada postingan sebelumnya.

2. Penulisan kreatif dapat menginspirasi pembaca

Tulisan yang kreatif bukan hanya menarik minat pembaca. tapi saat sedang dibaca ia mampu menginspirasi pembaca untuk melakukan sesuatu. Bahkan saat selesai dibaca buku itu bisa “memaksa” pembaca untuk melakukan sesuatu.

3. Penulisan kreatif dapat menawarkan banyak sudut pandang

Nah, ini adalah sebuah keharusan. Kreatif itu bukan hanya mengikuti apa yang menjadi bahan perbincangan saat ini. Tapi penulisan kreatif itu berani meng-komparasikan apa yang ada dengan berbagai sudut pandang yang juga sedang berkembang.

Kebanyakan kita saat ini adalah mengkonsumsi informasi dari sesuatu yang viral. Padahal yang viral belum tentu benar. Maka harus ada “usaha” untuk menyeimbangkan antara yang viral dan sudut pandang yang bersebrangan agar nanti pembaca yang bisa menyimpulkan mana yang terbaik / benar.

4. Penulisan kreatif dapat menawarkan solusi masalah

Pada penulisan buku yang berdasarkan studi kasus, metode kreatif seharusnya bisa memberikan solusi pada masalah yang dihadapi. Tidak cukup jika hanya memaparkan tentang isu-isu yang berkambang saat ini. Tapi sebisa mungkin memberikan solusi berdasarkan referensi yang kuat dan akurat.

5. Penulisan kreatif dapat menjelaskan pengetahuan baru

Zaman makin berkambang. Apalagi setelah ditemukannya internet yang dapat menghubungkan antar manusia di seluruh belahan dunia, kita harus terbiasa untuk dengan berbagai pengetahuan baru yang menyangga kemodernan hidup manusia. Semua bisa dilakukan dengan cara digital.

BACA JUGA   Bagaimana Cara Tetap Survive Menjadi Penulis Kreatif ?

Disaat yang sama harus ada media pembelajaran yang bisa menjembatani apa-apa yang sebelumnya nyata di depan mata dengan mengaksesnya melalui satu gadget saja. Saat itu juga dibutuhkan cara penulisan yang kreatif yang bukan hanya mudah dipahami, tapi juga sangat mudah untuk dipraktekkan pembaca.

6. Penulisan kreatif bisa menjadi titik awal perubahan gaya hidup

Pekerjaan generasi millenials saat ini jauh berbeda dengan 10 tahun lalu. Dulu, semua sudah terbilang canggih saat bisa dikomputerisasi. Tapi saat ini eranya berubah. Semua perangkat berat seperti PC, kamera, dll bisa terangkum fungsinya dalam sebuah handphone.

Apalagi masa pandemi covid seperti saat ini, dimana semua pekerjaan harus bisa tetap diselesaikan dari rumah, tentu membawa cara berpikir berbeda bagi sebagian besar orang bahwa ternyata juga bisa bekerja produktif dari rumah.

Saat itulah maka akan banyak orang yang akan menjelaskan bagaimana caranya menjalankan ini semua. dimana dalam prakteknya dibutuhkan juga penulisan kreatif, sehingga apa-apa yang akan dijelaskan bisa dipahami oleh pembaca dengan cara yang menarik.

Facebook Comments
BERGABUNG BERSAMA KAMI
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Bergabunglah dengan lebih dari 3.000 orang yang menerima email rutin saya dan pelajari cara menulis kreatif di social media, artikel blog dan buku dari saya yang telah berpengalaman 10 tahun menjalani profesi ini
Kesempatan terbatas !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2020 PENULIS KREATIF

                           PERKENALAN    

Iwan Wahyudi adalah Penulis Biografi, Ghost Writer dan Penulis Konten Perusahaan yang telah berpengalaman selama 10 tahun. 

Sebagai penulis telah membantu 30 + klien personal menyelesaikan penulisan bukunya. Ia bersama tim juga telah menyelesaikan puluhan konten perusahaan, baik berupa laporan (seperti annual report, sustainability report, CSR report) maupun yang berupa buku dokumentasi dan informasi (seperti buku sejarah dan majalah perusahaan)

Atas pencapaiannya maka ia mendapatkan kepercayaan untuk menulis buku sejarah perusahaan (biasanya untuk memperingati ulang tahun perusahaan) yang dibiayai oleh sponsor dengan syarat dan kriteria tertentu.

Ia akan tetap membuka peluang kerjasama dengan pihak manapun, baik pribadi, perusahaan, instansi, organisasi, advertising dan yang lainnya untuk menghasilkan buku yang kreatif dan berkualitas dari segi isi dan tampilan.

Minat bekerja sama ? Silahkan WA di 0822 3000 3636