Manfaat Menguasai Penulisan Kreatif

Penting untuk mengetahui manfaat penulisan kreatif bagi Anda yang tertarik pada dunia tulis-menulis. Karena dengan mengetahui manfaatnya Anda bisa menggunakan cara ini unutk memnulis berbgai bahan tulisan, baik dalam bentuk buku, artikel atau bentuk lainnya dengan lebih menarik.

Pnulisan kreatif adalah metode menulis yang tidak menjemukan; baik bagi penulisnya dan tentu saja orang yang membacanya. Ini karena sebuah bacaan yang enak dibaca memang menjadi syarat dan alas an mengapa setiap orang merampungkan proes membacanya. Dengan penulisan kreatif diharapkan para pembaca bisa menyerap sebanyak mungkin nilai yang akan disampaikan oleh penulisnya.

Bagaimanakah Sebuah Tulisan Disebut Kreatif ?

Memang banyak yang bertanya bagaimana sebuah tulisan disebut kreatif. Ini karena ada banyak pihak yang mengklaim dan memberikan definisi yang berbeda tentang penulisan kreatif. Ok, untuk memudahkan pemahaman Anda, saya akan sediikit menjelaskan tentang  penulisan kreatif yang makin sering didengungkan saat ini.

Penulisan Kreatif itu Orisinil

Ya, namanya juga kreatif. Maka syarat yang pertama ada orisinilitas. Tidak boleh sebuah tulisan dikatakan kreatif jika ternyata di dalamnya memuat banyak ide, gagasan bahkan copas karya orang lain dengan berlebihan.  saya mengetakan demikian karena dalam kenyataannya memang masih banyak yang “membajak” karya orang lain; sedikit atau banyak, bahkan ada yang berani membajak seluruhnya.

Ya benar, tidak sedikit yang hanya unutk keuntungan finansial “membajak total” karya penulis lain. Namun tentu saja tampilan kover bukunya dirubah untuk mengelabui pembaca. Padahal ini tentu saja merupakan penghinanaan terhadap karya orang lain. Karena bisa jadi buku baru yang “berganti kulit” itu laku di pasaran tanpa diketahui penulis aslinya yang tidak mendapatkan apa-apa dari penjualan buku yang pernah ditulisnya.

Penulisan Kreatif itu Berani Tampil Beda

Sebagaimana pengertian kata kreatif yang biasa kita dengar, yang artinya berbeda dan bermanfaat bagi banyak orang, maka penulisan kreatif juga seperti itu. Penulisan ini harus berani keluar dari kebiasaan yang telah menjadi umum saat ini untuk bisa memberikan manfaat yang lebih banyak bagi pembacanya.

Ya,  asal tetap menjaga norma yang berlaku di dalam masyarakat, penulisan dengan cara yang berbeda unutk memberikan rangsangan bagi para pembaca untuk menuntaskan bacaannya adalah cara yang cerdas. Bahkan jika penulis bisa membuat pembaca merasa ketagihan dengan setiap tulisan yang dibuatnya , ini adalah sasaran utama dari penulisan kreatif sebenarnya.

…………

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *