Melirik Prospek Buku Self Publish Untuk Penulis Baru dan Berbakat

Melirik Prospek Buku Self Publish Untuk Penulis Baru dan Berbakat

Tak ada rotan, akar pun jadi. Mungkin itulah salah satu peribahasa yang sesuai untuk seorang penulis yang karyanya kurang diminati oleh penerbit besar. Meskipun hasil tulisan mereka cukup berkualitas dan berbobot, namun jika di mata penerbit buku tersebut tidak menarik dan kurang menjual, maka siap-siaplah untuk ditolak. Inilah salah satu alasan mengapa prospek buku self publish mulai meningkat. Alternatif menerbitkan dan memasarkan buku hasil karya sendiri ini akan semakin terbantu oleh kecanggihan dunia internet masa kini, karena Anda tidak lagi mengandalkan dan bergantung kepada pihak penerbit.

Apa Itu Self Publishing?

Mungkin beberapa dari Anda ada yang masih asing dengan istilah buku self publish. Self Publishing adalah upaya untuk menerbitkan buku yang dilakukan oleh penulis sendiri. Mulai dari menulis buku, mencari jasa percetakan dan memasarkannya ke konsumen. Semua dilakukan sendiri dengan modal yang berasal dari penulis sendiri. Prospek buku self publish masih cukup tinggi di Indonesia ini mengingat minat baca yang sedang digalakkan dan kecenderungan masyarakat untuk membeli barang-barang secara online.

Apakah Self Publishing masih berpotensi saat ini, di saat sedang gencar-gencarnya e-book? Hal mendasar yang perlu diketahui adalah bahwa memang telah terjadi banyak perubahan terkait fenomena internet. Seperti perubahan dari toko-toko tradisional ke toko online, sistem keuangan manual ke financial technology dan lain sebagainya. Namun, e-book tidak bisa menggantikan peran buku cetak. Sampai kapan pun, buku cetak akan selalu dibutuhkan.

Prospek buku self publish memberikan kesempatan bagi penulis-penulis berbakat supaya mereka bisa menerbitkan dan berbagi pengetahuan melalui buku yang mereka tulis.  Dalam hal ini, self publish tidak berarti mereka melakukan semuanya sendiri. Mereka akan tetap membutuhkan jasa self publish profesional dalam beberapa aspek seperti proses penyuntingan naskah, proses editing, mendesain cover buku, mencetak buku dan membantu proses pemasaran.

Jadi, bagi Anda yang ingin menerbitkan buku sendiri, jangan ragu dan lanjutkan keinginan Anda. Banyak jasa self publising berpengalaman yang akan selalu bersedia membantu Anda untuk mewujudkan agar Anda bisa memiliki sebuah buku karya sendiri.

Jasa Self Publishing di Indonesia

Keuntungan Menggunakan Jasa Self Publishing

Jika Anda berkeinginan kuat untuk menerbitkan buku sendiri dan modal tidak menjadi suatu masalah, gunakanlah jasa self publising terbaik yang bisa Anda temukan. Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh apabila menggunakan jasa mereka. Diantaranya adalah :

  1. Proses Cepat dan Mudah

Jika Anda mengirimkan naskah buku pada sebuah penerbit besar, tidak selalu naskah yang mereka terima secara langsung disetujui untuk diterbitkan. Beberapa diantaranya bahkan melalui proses penyaringan dari banyak naskah yang masuk. Apabila Anda hanya mengandalkan penerbit ini, sangat kecil kemungkinannya naskah Anda akan segera diterbitkan, terlebih lagi bagi penulis-penulis baru.

Oleh sebab itu, lebih baik jika Anda memanfaatkan prospek buku self publish untuk menerbitkan naskah Anda.  Prosesnya akan lebih cepat dan mudah ketimbang menunggu dari penerbit besar. Anda bisa menyunting dan mengedit naskah sendiri. Jumlah buku yang hendak diterbitkan juga bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Jika Anda tidak ingin terlalu banyak atau ingin menerbitkannya dalam jumlah terbatas, semua bisa diatur.

  1. Bisa Menyesuaikan dengan Keinginan Penulis

Kadang kala, penerbit besar memiliki batasan atau aturan yang harus diikuti penulis jika mereka ingin bukunya diterbitkan. Maka mau tidak mau, penulis tersebut harus mengikuti apa yang diinginkan oleh penerbit. Seperti contohnya isi buku, pembuatan cover buku, jumlah buku yang hendak dicetak hingga proses pemasarannya.

Namun, hal ini tidak akan terjadi jika Anda menerbitkan buku secara self publish. Prospek buku self publish dirasa lebih baik karena semua keputusan berada di tangan Anda. Penulis memiliki kendali penuh terhadap semua prosesnya, mulai dari jadwal penerbitan, tata cara pengemasan buku termasuk layout dan cover, menentukan jumlah cetakan, harga jual buku dan cara pemasarannya.

  1. Royalti bisa Disesuaikan

Royalti adalah keuntungan yang didapatkan oleh seorang penulis jika bukunya terjual. Dalam hal ini, royalti yang diterima oleh penulis biasanya akan bergantung dari aturan yang diberlakukan oleh penerbit besar. Besaran royalti yang diterima oleh seorang penulis umumnya tidak lebih dari 20 persen dari keuntungan yang didapatkan.

Inilah mengapa prospek buku self publish dinilai lebih baik dan menguntungkan bagi penulis. Anda bisa mengatur sendiri keuntungan yang ingin Anda dapatkan. Menentukan berapa harga jual yang pantas untuk buku hasil karya Anda dan jumlah keuntungan yang ingin diperoleh. Dengan demikian, Anda akan lebih puas pada hasil self publising dari pada penerbit besar.

  1. Kualitas Tulisan lebih Terjaga

Isi sebuah buku ibarat nyawa bagi seorang penulis. Jika ada perubahan sedikit terhadap isi atau yang berhubungan dengan karya tulisnya, sedikit banyak akan mempengaruhi mentalitas seorang penulis. Apalagi jika sampai menghilangkan beberapa bagian atau adegan yang dirasa penting, hal ini akan merugikan penulis secara langsung.

Menggunakan sebuah jasa self publish berpengalaman, akan membuat Anda sebagai seorang penulis terhindar dari kejadian seperti itu. Anda bisa turun langsung mengecek pada jasa self publish perihal progress pembuatan buku Anda.

  1. Lebih Efektif

Mengapa memanfaatkan prospek buku self publish lebih efektif menggunakan jasa self publish dari pada mengurus semuanya secara sendiri? Menerbitkan sebuah buku harus melalui beberapa proses yaitu proses editing naskah, proses desain sampul, dan bahkan beberapa diantaranya juga ada yang menyediakan jasa penulis kontennya. Anda hanya cukup memberikan sebuah ide atau gagasan yang ingin Anda terbitkan menjadi sebuah buku.

  1. Terbantu dalam hal Pemasaran

Di era digitalisasi ini, semua orang sudah terhubung dengan sangat mudah melalui internet. Anda bisa melakukan pemasaran secara online yang terhubung langsung dengan konsumen tanpa melalui pihak ketiga seperti toko buku. Inilah mengapa dikatakan prospek buku self publish masih cukup besar dan menjanjikan.

Jasa Self Publishing Murah

Jasa Self Publish Terbaik dan Termurah Penuliskreatif.com

Di sini, Penuliskreatif.com menyediakan jasa self publishing murah untuk Anda. Banyak kelebihan yang kami miliki dibandingkan jasa lainnya yaitu :

  1. Harga Murah

Penuliskreatif.com mengapresiasi tingginya prospek buku self publish yang semakin meningkat peminatnya. Oleh sebab itu, kami menawarkan harga yang sangat terjangkau untuk jasa penerbitan buku, dimulai dari penulisan konten, pembuatan cover, proses editing hingga pencetakan buku sampai selesai dengan harapan Anda bisa menerbitkan buku yang diinginkan.

  1. Proses Cepat

Anda tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan buku hasil ide dan gagasan sendiri. Proses pembuatan hingga penerbitan buku yang kami lakukan sangat cepat namun tetap dengan hasil yang apik dan berkualitas.

  1. Ditunjang Tim Profesional

Penuliskreatif.com memiliki beberapa orang tim yang profesional yang akan bertugas membantu dan memfasilitasi kebutuhan Anda. Ada tenaga penulis konten, tim editor dan juga tim desain yang setiap waktu siap membantu. Jadi Anda tidak perlu khawatir dan cukup pastikan bahwa buku yang terbit sesuai dengan keinginan Anda.

Melihat prospek buku self publish yang masih tinggi dan berpotensi, tidak ada salahnya jika Anda ikut serta bermain di dalamnya. Jangan menyia-nyiakan bakat dan kemampuan menulis Anda hanya karena tidak ingin menghadapi proses penerbitan yang rumit. Tim jasa self publish Penuliskreatif.com akan selalu siap membantu mewujudkan impian Anda memiliki buku karya sendiri.

Penerbit Self Publishing Biaya Murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iwan Wahyudi adalah Penulis Biografi, Ghost Writer dan Content Strategist yang mulai banyak dikenal di Indonesia. 

Sebagai penulis biografi dan ghost writer telah membantu 20 an klien menyelesaikan penulisan bukunya. 

Sebagai content strategis bukan hanya menjadikan situs yang dikelola banyak dikenal oleh klien, tapi juga dengan itu ia dapat membantu penulis profesional lainya dalam mendapatkan klien sesuai kapasitasnya. 

Kini ia mulai merintis self publihing dengan harapan bisa membantu klien mulai dari penulisan konten buku, pewajahan hingga cetak buku sesuai budget yang disediakan oleh setiap klien. 

Ia akan tetap membuka peluang kerjasama dengan pihak manapun, baik pribadi, perusahaan, agency desain, advertising dan yang lainnya untuk tetap memberikan konten yang kreatif dan berkualitas. 

Minat bekerja sama ? Silahkan WA di 0857 1149 4600