Menerbitkan Buku dengan Self Publishing

Menerbitkan Buku dengan Self Publishing

Pembahasan kita kali ini adalah tentang Menerbitkan Buku dengan Self Publishing. Pembahasan ini penting bagi Anda yang ingin menerbitkan buku sendiri, tanpa harus menunggu lama, karena buku yang akan Anda terbitkan sudah sangat dibutuhkan keberadaannya.

Dengan kata lain, buku yang akan diterbitkan dengan self  publishing ini memang sudah jelas peminatnya. Bukan seperti buku-buku umum yang dijual di toko buku, yang biasanya ditulis berdasarkan permintaan penerbit, karena ada prediksi akan laris di pasaran.

Menerbitkan buku dengan self publishing juga tepat dilakukan bagi mereka yang ingin mempunyai buku sesuai keinginan. Karena bukan hanya terkait isi buku, untuk hal detail tentang buku, seperti kover, tebal buku, ukuran dan bahan kertas pun seorang penulis boleh menentukan sendiri sesuai keinginannya. Karena keleluasaan inilah, maka wajar jika penulis harus bisa membiayai sendiri proses penerbitan (hingga cetak) bukunya.

Ada banyak pertanyaan yang muncul tentang self publishing ini, diantaranya adalah:

Apa yang dimaksud dengan self publishing?

Self publishing adalah jenis penerbitan yang dilakukan atas inisiasi sendiri (mandiri), bukan oleh penerbit besar yang mensyaratkan banyak hal teknis yang harus sesuai dengannya. Atau dengan kata lain, sesuai dengan arti katanya, self publishing, yang berarti proses menerbitkan buku sendiri. Jadi buku diterbitkan atas inisiasi penulis (atau satu pihak), yang itu bukan penerbit besar.

Apakah ciri-ciri self publishing?

Ciri-cirinya adalah:

  • Buku diterbitkan sendiri oleh penulis
  • Penulis bebas menentukan bagaimana buku yang akan diterbitkan (terkait isi, tampilan, dll)
  • Biaya penerbitan hingga cetak buku dibiayai oleh penulis.

Bagaimana perkembangan self publishing Indonesia ?

Kebutuhan masyarakat Indonesia akan ilmu dan informasi kian tinggi. Bukan hanya mereka yang hingga kini menuntut ilmu di bangku sekolah / kuliah, tapi masyarakat umum pun terus membutuhkan informasi yang bermanfaat dalam kehidupannya sehari-hari.

Masalahnya memang, meski saat ini semuanya sudah serba internet, tapi untuk mendapatkan ilmu dan informasi yang akurat mereka tetap membutuhkan buku sebagai referensinya.

Ya, harus diakui bahwa dalam penulisan buku ada hal teknis yang berkaitan dengan referensi, dimana untuk referensi ini harus benar-benar ditulis berdasarkan sumber aslinya. Sumber referensi yang dipakai untuk penulisan buku juga hanya yang berkualitas. Biasanya selain dari buku-buku lainnya, yang bisa menjadi referensi adalah karya ilmiah seperti skripsi, tesis dan desertasi serta jurnal-jurnal yang dari segi isi dan penulisannya memang sudah layak untuk menjadi bahan rujukan penulisan.

Tapi masalahnya adalah untuk menerbitkan buku tidaklah mudah. Apalagi dulu, dimana untuk bisa terbit hanya melalui penerbit-penerbit besar saja. Jadi, dengan begitu selain seleksinya ketat (harus sesuai dengan syarat dan kriteria penerbit besar), waktu untuk menerbitkannya pun relative sangat lama. Tentu ini sangat merugikan mereka yang sangat membutuhkan kehadiran sebuah buku yang ditulis oleh seorang yang ilmu dan wawasannya bisa menjadi rujukan.

BACA JUGA   Self Publishing Lebih Menguntungkan Penulis

Tapi zaman berubah. Untuk menjawab ini semua, maka hadirlah penerbit baru, yang membuka peluang untuk penulis bisa lebih produktif dalam menghasilkan buku. Kabar gembirnya, bahwa penerbit-penerbit ini bahkan memberi keleluasaan bagi penulis untuk menghasilkan bukunya sesuai kemauannya (isi dan tampilannya).

Dengan segala hal yang menyesuaikan dengan kemauan penulis inilah, maka pihak penerbit akhirnya membebankan biaya produksi (desain dan percetakan) kepada penulis. Penerbit buku seperti inilah yang selanjutnya disebut penerbit self publishing.

Bagaimakah cara memilih sebuah self publishing terbaik ?

Setelah mengetahui apa saja kelebihan self publishing sebagaimana yang dijelaskan diatas. Maka selanjutnya aka nada pertanyaan ini. Cara memilih self publishing terbaik adalah:

  • Pihak penerbit sudah berpengalaman menerbitkan buku sejenis (dengan cara self publishing) sebelumnya
  • Pihak penerbit bisa memberikan servie yang baik; komuniksi, diskusi dan solusi yang diberikan semuanya opsional dengan memperhatikan target dan budget yang dimiliki oleh penulis
  • Pihak penerbit bisa memberikan harga yang bersaing. Ini adalah factor penting, mengingat pembiayaan penerbitan buku ditanggung oleh

Hal-hal penting yang berkaitan dengan self publishing

Yang perlu diluruskan lagi tentang self publishing adalah maksudnya penulis menerbitkan bukunya sendiri disini bukan berarti menjalani proses penerbitan; penulisan, editing, desain (kover buku dan lay out) hingga pencetakan dilakukan sendiri. Bukan…bukan itu maksudnya.

Yang dimaksud self publishing disini adalah cara penerbitan buku dimana penulis sendiri yang menentukan editing hingga proses pencetakannya, tapi tentunya dengan memakai jasa penerbitan (orang-orang) yang suda ahli atau minimal memahami dunia perbukuan. Dengan cara ini proses penerbitan buku bisa berjalan sesuai kinginan penulis.

Satu lagi yang menjadi catatan, bahwa untuk melakukan self publisng yang harus dimiliki oleh penulis adalah dana untuk proses penerbitannya. Ada penulis yang meminta bantuan penulis lain (co-writer / ghost writer), ada pula yang mengerjakan penulisan konten bukunya sendiri. Untuk selanjutnya mereka menyerahkan untuk desain dan cetaknya kepada penerbit.

Siapa yang cocok menggunakan jasa self publishing?

Yang cocok menggunakan jasa ini adalah:

  • Mereka yang ingin mempunyai buku kisah hidup (biografi, autobiografi dan memoar). Saya banyak membantu klien saya yang mulai dari proses penulisan hingga cetaknya menggunakan jasa self publishing kami.
  • Mereka yang sudah tahu bahwa keberadaan bukunya ditunggu banyak orang (biasanya mereka yang ahli dalam bidang tertentu, misalnya dosen yang pemikiran dan diskusinya banyak diminati oleh para mahasiswa, para akademisi dan pemerhati bidang yang sama)
  • Mereka yang ingin segera memiliki buku untuk syarat tertentu (misalnya seorang guru / dosen yang menginginkan kenaikan jabatan, sertifikasi, dsb dengan mensyaratkan memiliki buku sebagai kredit pointnya)
  • Para motivator yang setiap seminarnya dihadiri banyak orang. Tentu banyak orang yang juga ingin menikmati buah pikiran, mindset dan inspirasi dalam bentuk bacaan (buku)
  • Para ahli, misalnya teknologi, peternakan, dsb yang dengan bukunya bisa menambah pengetahuan dan ilmu baru dengan buku semua isi, tampilan dan penyajiannya menyesuaikan keinginannya, agar mudah dipahami oleh pembacanya.
  • Siapapun Anda yang ingin memilki buku sesuai dengan tujuan penerbitan buku Anda.
BACA JUGA   Makin Maraknya Self Publishing di Indonesia

Intinya, bagi Anda yang menginginkan penerbitan buku dengan waktu yang relatif cepat (sesuai dengan keinginan Anda), maka Menerbitkan Buku dengan Self Publishing adalah jawabannya.

Bagaimana cara Menerbitkan Buku dengan Self Publishing ?

Caranya cukup mudah. Anda cukup menghubungi kontak kami, untuk nanti kami jelaskan bagaimana detail untuk biaya, waktu dan proses pengerjaan bukunya. Anda bisa menghubungi kami di kontak berikut ini:

Iwan Wahyudi

0822 3000 3636 (call / WA)

Apa kelebihan jasa self publishing kami?

Saya pastikan bahwa jasa self publishing kami berkualitas tapi dengan harga yang relative murah.

Berapa biaya termurah untuk self publishing?

Biayanya cukup bervariasi. Tapi bagi penulisan konten buku yang tema / bahasannya mudah, kami hanya mengenakan biaya 6 juta untuk penulisan 100 halaman buku jadi. Untuk mengetahui apakah konten yang Anda butuhkan adalah dalam kategori mudah / sulit, Anda bisa menghubungi kontak kami diatas.

Untuk biaya penerbitannya (berkaitan dengan ISBN, desain (lay out, kover)) dan cetak bianyanya menyesuaikan dengan keinginan Anda. Karena antara klien yang satu dan yang lain beda ekspektasinya untuk permintaan desain, bahan, ukuran dan jumlah buku yang akan dicetak.

Caranya mudah. Cukup hubungi kontak kami diatas untuk kita diskusikan berapa biayanya.

Artikel ini akan  terus mengalami penambahan informasi, sesuai dengan pertanyaan yang masuk kepada saya seputar jasa self publishing kami. Jadi, jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog kami ini. Semoga sharing kali ini bermanfaat. Sekian pembahasan kita kali ini tentang Menerbitkan Buku dengan Self Publishing.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2020 PENULIS KREATIF

                           PERKENALAN    

Iwan Wahyudi adalah Penulis Biografi, Ghost Writer dan Penulis Konten Perusahaan yang telah berpengalaman selama 10 tahun. 

Sebagai penulis telah membantu 30 + klien personal menyelesaikan penulisan bukunya. Ia bersama tim juga telah menyelesaikan puluhan konten perusahaan, baik berupa laporan (seperti annual report, sustainability report, CSR report) maupun yang berupa buku dokumentasi dan informasi (seperti buku sejarah dan majalah perusahaan)

Atas pencapaiannya maka ia mendapatkan kepercayaan untuk menulis buku sejarah perusahaan (biasanya untuk memperingati ulang tahun perusahaan) yang dibiayai oleh sponsor dengan syarat dan kriteria tertentu.

Ia akan tetap membuka peluang kerjasama dengan pihak manapun, baik pribadi, perusahaan, instansi, organisasi, advertising dan yang lainnya untuk menghasilkan buku yang kreatif dan berkualitas dari segi isi dan tampilan.

Minat bekerja sama ? Silahkan WA di 0822 3000 3636