Pengertian Jurnalistik Online yang Tak Banyak Orang Tau

Pengertian Jurnalistik Online

Pernahkah kamu mendengar istilah Jurnalistik Online? Pernah dengar namun belum mengerti apa artinya? Oke, kali ini, mari kita bahas tuntas pengertian jurnalistik online.

Jurnalistik online merupakan “generasi ketiga” setelah jurnalistik konvensional (jurnalistik media cetak) dan jurnalistik penyiaran (jurnalistik elektronik – tv dan radio).

Selain jurnalistik online, terdapat juga istilah lain yang merujuk pada kegiatan jurnalistik berbasis online seperti jurnalism digital, jurnalism siber, web journalism, dan jurnalistik internet.

Banyak yang menyebut bahwa jurnalistik online merupakan wujud “jurnalistik masa depan”. maksudnya, jurnalistik ini akan terus mampu berkembang seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Saat ini terdapat beberapa cabang jurnalistik online, yakni jurnalisme blog, jurnlalistik mobil, dan jurnalistik Twitter.

Jurnalistik online hadir sebagai efek dari globalisasi. Tak hanya jurnalistik, banyak hal yang biasanya dilakukan secara konvensional namun sekarang dapat bisa terlaksana secara online, seperti bekerja, bersekolah, bahkan sampai prosesi wisuda.

Pengertian Jurnalistik Online

Ada beberapa istilah yang menyangkut jurnlistik online yang harus kita ketahui terlebih dahulu satu persatu untuk mengetahui secara mendalam apa itu jurnalistik online. Istilah istilah tersebut adalah jurnalistik, online, internet, dan website. Mari kita ulas istilah istilah tersebut secara rinci.

Jurnalistik

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jurnalistik merupakan yang menyangkut kewartawanan dan persuratkabaran. Dengan kata lain ialah segala proses peliputan, penulisan, penyebaran informasi atau peristiwa kepada hal layak melalui media massa.

Online

Sedangkan online merupakan keadaan seseorang atau benda yang terkoneksi dengan jaringan internet. Selama terdapat jaringan internet dan kita dalam keadaan online maka informasi dapat terakses kapanpun dan dimanapun.

Internet

Sebenarnya, internet merupakan singkatan dari interconnection-networking. Dengan adanya internet, komputer dan jaringan-jaringan di seluruh dunia dapat terhubung. Kemudian media yang lahir dari internet disebut media online.

Website

Website atau dalam bahasa Indonesia adalah situs web merupakan kumpulan halaman pada suatu domain di dalam internet yang berisi konten. Konten tersebut bis berupa teks, gambar, ataupun video. Website mempunyai alamat yang bernama URL (Uniform Resource Locator).

BACA JUGA   Cara Mudah Kerja Online dari Rumah

Jadi kesimpulannya, pengertian jurnalistik digital atau jurnalistik online ialah proses pemberian informasi kepada hal layak umum melalui media internet yang dapat Anda akses menggunakan website.

Prinsip Jurnalistik Online

Setelah memahami pengertian jurnalistik online, alangkah baiknya kita memahami juga prinsip prinsip yang ada pada jurnalistik online. Menurut Paul Bradshaw, seorang jurnalis online dan blogger, terdapat 5 prinsip jurnalistik online. Prinsip tersebut dikenal dengan singkatan B-A-S-I-C, yang memiliki arti Brevity, Adaptability, Scannability, Interactivity, Community & Conversation.

Brevity

Brevity (Keringkasan) yang artinya informasi yang termuat dalam media online haruslah singkat dan seringkas-ringkasnya. Namun, meskipun informasinya tertulis singkat, ia harus jelas dan mudah dimengerti.

Tujuannya ialah untuk mencegah pembaca merasa bosan. informasi dalam bentuk video sekalipun juga harus dalam durasi yang cukup singkat. Durasi yang ideal bagi video yakni di bawah 3 menit.

Adaptability

Adaptability (kemampuan beradaptasi) maksudnya ialah penyesuaian diri terhadap kecanggihan teknologi. Seperti yang kita tahu bahwasannya seiring dengan berjalannya waktu, teknologi juga semakin berkembang. Yang artinya, muncul juga aplikasi aplikasi baru yang memiliki ciri dan cara penggunaan yang berbeda-beda.

Di sini, para jurnalis “wajib” untuk mampu mengikuti perkembangan tersebut. Karena saat ini, penyebaran informasi lebih cepat lewat social media. jadi, kemampuan mereka dalam menguasai teknologi dapat membantu mereka sendiri dalam mencari informasi atau isu isu baru.

Selain itu, para jurnalis digital seyogyanya juga menguasai skill editing pada beberapa software editing. Misalnya, software editing video, foto, ataupun audio. Bahkan jika perlu, seorang jurnalis online juga harus paham pengambilan sudut atau teknik teknik dasar dalam mengambil foto atau video.

BACA JUGA   Cara Mudah Kerja Online dari Rumah

Sudah barang tentu, jika jurnalis menguasai prinsip adptability ini, maka pekerjaannya akan sangat terbantu.

Scanability

Scanability (bisa dipindai), yang artinya informasi yang disajikan mudah untuk dicari dan dipahami. Karena jika audien merasa sulit untuk memahami suatu informasi, maka pasti mereka akan mencari website lain untuk mencari info serupa.

Jadi, kemudahan audien dalam mencari isi pesan dalam serangkaian tulisan merupakan prinsip yang utama dalam jurnalistik online. karena pada dasarnya, audien sangat berorientasi penuh pada isi informasi yang ia cari.

Beberapa hal yang menunjang prinsip scannability dalma jurnalistik online ialah:

  • Judul yang menarik,
  • Subheading
  • RSS
  • Kutipan langsung
  • Indeks
  • Hyperlinks
  • Kata penting
  • Search Engine Optimisation (SEO)

Interactivity

Interactivity (interaktivitas) merupakan salah satu keunggulan jurnalistik online. Kini, dengan kemajuan teknologi, audien mampu berinteraksi secara baik dengan jurnalis. Dengan berlakunya prinsip ini, antara audien dan jurnalis dapat berinteraksi pada kolom komentar.

Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi kedua pihak di mana jurnalis dapat mengetahui keinginan pasar (audien) atau tangggapan mereka, dan audien pun dapat dengan cepat mendapatkan informasi, jawaban dari pertanyaan, atau bahkan sekedar memberi tanggapan.

Community & Conversation

Community & Conversation (komunitas dan percakapan), yang artinya akan ada percakapan yang terbentuk antara jurnalis dan audien. Hal ini merupakan keunggulan jurnalistik online yang tidak dimiliki oleh tipe jurnalistik lainnya. karena pada jurnalistik yang lain, seperti jurnalistik elektronik ataupun jurnalistik konvensional interaksi hanya 1 arah.

Sedangkan prinsip komunitas adalah dengan berlangganan pada suatu website tertentu dapat terbentuk suatu komunitas. dengan ini, setiap ada postingan terbaru, audien akan mendapat pemberitahuan secara eksklusif melalui email.

Nah, bagaimana? sudah paham? Itulah tadi penjelasan singkat tentang dengan pengertian jurnalistik online beserta prinsipnya. Semoga bermanfaat!

Facebook Comments
BERGABUNG BERSAMA KAMI
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Bergabunglah dengan pengunjung lainnya untuk menerima email rutin dari saya tentang kreativitas yang penting untuk penulisan artikel, blog dan buku
Email Anda aman bersama kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Copyright © 2021 PENULIS KREATIF

                           PERKENALAN    

Iwan Wahyudi adalah Penulis Biografi, Ghost Writer dan Penulis Konten Perusahaan yang telah berpengalaman selama 10 tahun. 

Sebagai penulis telah membantu 30 + klien personal menyelesaikan penulisan bukunya. Ia bersama tim juga telah menyelesaikan puluhan konten perusahaan, baik berupa laporan (seperti annual report, sustainability report, CSR report) maupun yang berupa buku dokumentasi dan informasi (seperti buku sejarah dan majalah perusahaan)

Atas pencapaiannya ia juga  mendapatkan kepercayaan untuk membantu penerbitan buku kuliah berbagai universitas yang ada di Indonesia. Dengan cara ini ia memberi sumbangsih untuk turut mencerdaskan anak bangsa. 

Ia akan tetap membuka peluang kerjasama dengan pihak manapun; pribadi, perusahaan, instansi, organisasi, lembaga pendidikan dan yang lainnya untuk menghasilkan buku yang kreatif dan berkualitas dari segi isi dan tampilan.

Minat bekerja sama ? Silahkan WA di 0822 3000 3636