Pentingnya CSR bagi Masyarakat

Berbagi itu indah. Apalagi jika bisa berbagi dengan mereka yang memang benar-benar memerlukan bantuan kita. Ya, saluran bantuan kepada mereka yang terbatas dalam hal ekonomi, semestinya menjadi concern perusahaan untuk bisa mendapatkan dukungan dari masyarakat sekitar. Inilah yang akan kita bahas dalam artikel tentang Pentingnya CSR bagi Masyarakat Sekitar Perusahaan ini, yaitu seberapa penting CSR bagi Masyarakat.

Awal Perusahaan Didirikan

Biasanya sebuah perusahaan didirikan selain untuk mendapatkan provit, juga untuk memberikan manfaat bagi sesama. Karena dengan tersedianya lapangan kerja yang ada dalam sebuah perusahaan, maka banyak masyarkat yang mengambil manfaat dari itu.

Bayangkan berapa banyak orang yang bisa dipekerjakan dengan adanya perusahaan baru. Apalagi jika perusahaan itu adalah perusahaan besar berskala internasional. Tentu keberadaannya sangat membahagiakan bangsa, terlebih masyarakat sekitarnya. Akan banyak masyarakat yang mendapatkan mata pencaharian dari perusahaan itu.

Sebut saja dari yang memang bekerja di perusahaan dari berbagai levelnya, hingga tersedianya berbagai moda transportasi yang ada dengan banyaknya karyawan yang membutuhkannya. Ditambah lagi dari sector lainnya, misalnya retail, rumah makan, dll yang akan menjamur di sekitar perusahaan tersebut.

BACA JUGA   Manfaat Penulisan CSR Perusahaan

Dengan makin berkembangnya perusahaan, juga tidak akan menutup kemungkinan adanya pemukiman baru yang target utamanya adalah para karyawan perusahaan. Maka tidak aneh jika di sekeliling perusahaan; kantor, gudang atau pabriknya, biasanya banyak didirikan perumahan baru.

Singkatnya masyarakat yang telah menyatu hatinya dengan perusahaan, mereka ikut menjaga perusaaan tersebut, dari segala kemungkinan yang terjadi. Bukan hanya menjaga secara fisik, tapi mereka juga tak segan-segan untuk memberikan penilaian yang baik bagi perusahaan, yang ini biasanya bermanfaat saat perusahaan akan mendapatkan investasi dari investor, yang biasanya memperhatikan berbagai kesan dari stakeholder, salahsatunya masyarakat sekitar perusahaan.

Hubungan Simbiosis antara Perusahaan dan Masyarakat

Bagi perusahaan biasanya mereka mendapatkan dukunga moril dari masyarkat sekitar sebagaimana yang ada diatas. Sebaliknya, yang diberikan perusahaan kepada mereka adalah berbagi; baik dalam bentuk bantuan berkala dengan mereka yang sangat memerlukan atau pembangunan fasilitas umum yang sangat bermanfaat bagi mereka. a

BACA JUGA   Manfaat Penulisan CSR Perusahaan

Biasanya perusahaan melalui bagain Hubungan  Masyarakatnya akan langsung turun ke pamsyarakat untuk menanyakan apa-apa yang mereka butuhkan dalam keseharian. Semua di data dan menjadi list program yang bisa diprioritaskan bagi perusahaan sebagai wujud kepedulian sosialnya.

Pentingnya CSR bagi Masyarakat

Dengan adanya CSR banyak masyarakat yang telah merasakan manfaatnya. Misalnya bagi masyarakat yang tinggalnya jauh di pedalaman, perusahaan bisa membangun sekolah yang nantinya menjadi tempat belajar bagi anak-anak usia sekolah disana. Bahkan bagi mereka yang berprestasi, tidak jarang sebuah perusahaan rela untuk memberikan beasiswa dengan kontrak kerja setelah lulus kuliah.

Setiap perusahaan harus meyakini bahwa do era digital seperti saat ini ilmu pengetahuan sangat lah penting. Dengan memiliki calon-calon karyawan yang kompeten di bidangnya, sejatinya ini adalah investasi yang  besar bagi perusahaan untu bisa terus mengikuti perkembangan dan kemajuan zaman.

Anda bisa membaca postingan yang sama tentang penulis CSR, di postingan lain di blog ini.

 

 

Sumber: Penulis CSR

Leave a Comment