Penulisan Kreatif, Alexa Rank, Fokus pada Niche

Penulisan Kreatif, Alexa Rank, Fokus pada Niche

Penulisan Kreatif

Ada banyak definisi tentang penulisan kreatif; mulai dari cara penulisan, mendapatkan ide atau bahan tulisannya, tapi intinya penulisan kreaatif sebenarnya adalah bagaimana dengan tulisan yang kita buat bisa lebih dipahami pembaca. Itu saja.

Sebuah tulisan yang disikan dalam bentuk buku seharusnya menjelaskan tentang sebuah bahasan lebih mendetail, bukan hanya beerputar-putar mengejar jumlah halaman, karena jika bahasan itu bisa diselesaikan dalam satu artikel kenapa harus dipanjang-panjangkan?

Jika pun pembahasannya terlalu sulit, bisa juga disertakan contoh agar dengan contoh itu lebih mudah dipahami oleh pembacanya. Bukan sebaliknya, target bacaan masyarakat umum tapi bahasanya banyak menggunakan yang asing-asing sulit dimengerti, bahkan oleh mereka yang sudah sarjana sekalipun. Trus tulisan itu untuk apa?

Dan memang tidak mudah untuk menjadi kreatif dalam menulis. Kadang dibutuhkan sikap “mengalah” dengan kemampuan yang dimiliki dengan tujuan agar apa yang ditulis lebih bisa dipahami oleh pembaca dari semua kalangan lintas profesi bahkan tingkat pendidikan. Tapi tujuannya untuk “menang” saat tulisannya banyak dibaca oleh semua kalangan.

Dalam memberikan contoh juga seorang penulis harus kreatif. Karena tidak mungkin misalnya seorang akan memberikan contoh saat mendongeng di depan anak-anak, jika dia sendiri jarang mendongeng dan mendengarkan “dongengan” dari orang-orang sekitarnya, termasuk pasangan saat ia marah-marah. He…

Jadi kata kunci kreatif dalam penulisan tidak berbeda jauh dengan kreatif pada bidang lainnya, ia harus baru dan juga memberi manfaat lebih dari yang telah ada sebelumnya.

Cara Menulis Kreatif - penuliskreatif.com

Alexa Rank

Apa sih hubungan penulisan kreatif dengan Alexa Rank? Tentu saja ada. Karena saya melihat belakangan ini alogaritma Google lebih manusiawi. Bukan berarti sebelumnya kejam ya, bukan, maksud saya sekarang Google lebih cerdas membaca apa yang disajikan oleh sebuah blog terutama untuk kontennya.

Jadi memang yang mendapat tempat dihati Google itu sebenarnya yang juga mendapat tempat di hati banyak orang yang menggunakan Google, tentunya yang menggunakan Google disinia manusia kan? He…. dengan kata lainnya blog dengan bounce rate tinggi akan mendapat tempat yang rendah, begitu juga sebaliknya.

Apa sih bounce rate itu? Bounce rate adalah kujungan dengan tingkat ketertarikan rendah. Misalnya begini, Anda edang mencari sebuah jasa di Google, cek dan mendapatkan hasil halaman (page) satu Google. Untuk tahu lebih lanjut tentu yang dibaca dari yang paling atas sampai bawah, yang biasanya dalam satu halaman itu ada 7-10 tampilan blog yang tampil (selain yang beriklan di Google Ads).

BACA JUGA   Manfaat Menguasai Penulisan Kreatif (2)

Nah, saat Anda mengunjungi sebuah blog dan melihatnya sekilas baru menyimpulkan,

“Kok isinya seperti ini?” langsung ditutup dan pindah pada blog lainnya.

Atau

“Wah isinya bagus,” dengan membaca baca postingan, halaman atau komentar yang ada.

Sikap pertama adalah contoh dari pengunjung blog dengan bounce rate tinggi, sedangkan yang kedua dengan bounce rate rendah.

Bounce rate ini berpengaruh pada alexa rank yang merupakan peringkat yang dibuat oleh alexa untuk menunjukkan tingkat kredibilitas sebuah blog/ web.

Apa sih kelebihannya jika blog kita alexa rank nya bagus?

Seperti saat kita sekolah saja, teman yang rankingnya sepuluh besar pasti mendapat penilaian yang lebih dibanding mereka yang rankingnya bontot, meskipun tentunya ranking ini tidak bisa menjadi tolak ukur untuk semua hal yang ada pada teman-teman kita.

Jika tujuan kita membuat blog untuk SEO, maka rank alexa merupakan faktor yang sangat penting.  Dengan artian blog dengan niche sama dan membidik keyword yang sama dan kualitas tulisan-gambar hampir sama, maka yang akan diprioritaskan tampil di halaman pertama Google adalah yang punya punya rank alexa lebih tinggi. itulah kenapa blog-blog besar (rank alexa ramping) biasanya mereka lebih mendominasi kata kunci yang dibidik dibanding blog-blog kecil.

Kini Alhamdulillah blog-blog saya, terutama dalam 2 bulan terakhir ini, rank alexa nya mulai naik. Yang awalnya pada posisinya 5 – 12 juta, kini naik pesat hingga di posisi 900 ribu – 3 jutaan. Ini tentu akan terus naik dengan catatan pada setiap blog mempunyai artikel-artikel dan gambar yang menarik hingga membuat betah pengunjug di setiap blog.

Karena itu memang saya niatkan semua blog saya ini nantinya bisa masuk minimal peringkat 1 juta alexa, denga harapan setiap artikel yang saya tulis nantinya bisa mudah ditemukan oleh pengunjung mesin pencari karena saat itu sebagian artikel yang saya tulis sudah ada di halaman 1 Google. Apalagi jika bisa menempati no 1 Google pada setiap keyword yang saya bidik tentu itu akan sangat membahagiakan. Setidaknya tidak sia-sia saya membesarkan blog-blog saya yang diawali dengan modal dan pengetahuan seadanya secara otodidak, tapi kini sudah ada yang berusia hampir 7 tahun.

BACA JUGA   Latihan Sederhana Menulis Kreatif dengan 100 Kata Pertama

Penulisan Kreatif - penuliskreatif.com

Fokus pada Niche                                     

Banyak orang yang mengatakan bagaimana manfaatnya fokus pada suatu hal. Untuk ini saya sudah membuktikannya, bagaimana blog-blog saya yang fokus pada satu niche lebih mendapat kemudahan untuk tampil di Google dibanding blog lainnya dengan banyak niche.

Tapi tentu saja ini bukan hal yang mudah, karena seolah blog kita hanya dibatasi pada hal itu saja. Tapi itulah kenyataannya bahwa sesuatu yang sulit akan mendapatkan hasil yang baik. Bukan hanya di mata mesin pencari, bagi pengunjung blog kita juga akan mendapatkan kesan bahwa kita serius membangun blog tersebut. Tentu ini akan sangat membahagiakan.

Lalu, bagaimana cara saya tetap “setia” hanya dengan satu niche untuk satu blog? Caranya adalah dengan meyakinkan hati bahwa nanti pada saatnya blog ini juga akan mendapatkan pengunjung yang tertarget.

Mengenai keyakinan tentang apa yang dilakukan ini mengingatkan saya pada sebuah radio, Mora, di Bandung. Sejak awal berdirinya radio ini hanya fokus pada pembahasan hukum. Awalnya memang tampak aneh bagi para pendengar radio saat itu, tapi ternyata dengan adanya kebutuhan dan melek hukum masyarakat saaat ini Mora menjadi radio referensi hukum yang bisa dibilang jarang ada di Indonesia. Dan benar kini radio ini mempunyai banyak pendengar setia yang mayoritas mereka ini memang concern pada bidang hukum.

Karena segala sesuatu dalam kehidupan masyarakat selalu berhubungan dengan hukum, maka Mora dipastikan akan mendapatkan calon pendengar baru dari mereka yang membutuhkan referensi tentang hukum suatu kasus, karena memang awam tentang hal itu. Dan ini juga seolah difasilitasi dengan adanya banyak acara yang membahas tentang hukum suatu kasus yang sedang terjadi dan menjadi tranding secara nasional. Ibarat ingin mengetahui tentang suatu hal yang tidak pernah dipelajari sama sekali, Mora memberikan kesempatan tanya-jawab dalam setiap sesinya.

Seperti itulah gambaran contoh mengapa kita harus setia dengan niche yang kita pilih sejak awal, karena suatu saat apa yang kita lakukan ini tidak akan sia-sia.

jasa penulisan buku kreatif - penuliskreatif.com

 

 

 

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2020 PENULIS KREATIF

                           PERKENALAN    

Iwan Wahyudi adalah Penulis Biografi, Ghost Writer dan Penulis Konten Perusahaan yang telah berpengalaman selama 10 tahun. 

Sebagai penulis telah membantu 30 + klien personal menyelesaikan penulisan bukunya. Ia bersama tim juga telah menyelesaikan puluhan konten perusahaan, baik berupa laporan (seperti annual report, sustainability report, CSR report) maupun yang berupa buku dokumentasi dan informasi (seperti buku sejarah dan majalah perusahaan)

Atas pencapaiannya maka ia mendapatkan kepercayaan untuk menulis buku sejarah perusahaan (biasanya untuk memperingati ulang tahun perusahaan) yang dibiayai oleh sponsor dengan syarat dan kriteria tertentu.

Ia akan tetap membuka peluang kerjasama dengan pihak manapun, baik pribadi, perusahaan, instansi, organisasi, advertising dan yang lainnya untuk menghasilkan buku yang kreatif dan berkualitas dari segi isi dan tampilan.

Minat bekerja sama ? Silahkan WA di 0822 3000 3636