Self Publishing Lebih Menguntungkan Penulis

Setelah mengetahui perkembangan dan makin maraknya self-publishing di Indonesia, kini kita mencoba mengulas tentang penghasilan mereka yang menerbitkan bukunya dengan self-publishing. Ini penting diketahui bagi Anda yang tertarik untuk menerbitkan buku dengan cara yang akan kami jelaskan.

Baiklah, awalnya kita harus mengetahui berapa keuntungan jika buku yang kita tulis diterbitkan di penerbit besar. Mungkin sebagian dari Anda sudah tahu, bahwa prosentase keuntungannya berkisar 7 sampai 10 persen dari harga jual buku saja. Tidak lebih. Jika pun ada yang memberi lebih itu biasanya penerbit yang level-nya ada dibawah beberapa penerbit besar di Indonesia.

Lalu mungkin Anda bertanya kemanakah prosentase terbesar dari harga jual sebuah buku? Jawabannya tidak lain ada pada distributor dan toko buku seperti Gramedia, Gunung Agung atau toko buku lainnya. Ya, prosentase kedua pihak ini berkisar antara 45 sampai 55 persen dari harga buku. Sedangkan penerbit menerima sisanya, selisih dari besarnya prosentase distributor dan toko buku serta penulis.

Dari perhitungan tersebut tentu saja penulis menerima prosentase paling sedikit bukan? Ya, memang seperti itulah adanya. Mungkin ini karena penulis dianggap paling sedikit mengeluarkan resiko untuk laku atau tidaknya sebuah buku dibanding dua pihak yang lain.

Tapi Anda para calon penulis tidak perlu bersedih, karena saat ini mulai banyak mereka yang bisa meraup keuntungan lebih dari setiap menerbitkan bukunya. Bagaimanakan caranya? Caranya tidak lain adalah dengan menerbitkan dan menjual sendiri buku yang kita tulis.

Ya, Anda bisa memakai cara menerbitkan buku secara self publishing dan memasarkannya kepada relasi Anda. Terlebih bagi Anda yang mempunyai komunitas tertentu, baik sebagai mentor atau motivator atau ahli pada bidang tertentu, Anda bisa memanfaatkan banyaknya komunitas yang Anda miliki untuk menjadi konsumen setiap buku yang Anda terbitkan.

Jika Anda mampu menulis konten buku secara mandiri, Anda bisa menerbitkannya dengan self publishing. Tapi jika tidak, Anda bisa memakai jasa publishing service. Dalam sebuah publishing service sudah ada penulis konten, editor dan tenaga desain yang siap membantu Anda dalam menggarap ide dan gagasan Anda menjadi buku sesuai selera Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *