Tips dan Cara Menulis Artikel yang Baik untuk Blog

Tips dan Cara Menulis Artikel yang Baik untuk Blog

PenulisKreatif.com – Tips dan Cara Menulis Artikel yang Baik untuk Blog. Kegiatan ngeblog adalah kegiatan yang menyenangkan. Karena dengannya kita bisa menyalurkan hobi menulis kita. lebih menyenangkan lagi jika dengan kegiatan yang menyenangkan ini bisa menjadi sumber penghasilkan tentu lebih asyik, kan? Karena itu pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana tips dan ara menulis artikel yang baik untuk blog.

Jadi apa yang akan dibahas dalam artikel ini?

Tips menulis artikel yang baik

Cara menulis artikel yang baik

Bagaimana menulis untuk blog yang baik

 

Tips Menulis Artikel yang Baik

Artikel yang baik adalah artikel yang setidaknya memiliki point-point sebagai berikut:

  1. Bukan hasil copy paste
  2. Jika dari referensi tuliskan sumber asli
  3. Informatif
  4. Inspiratif
  5. Berpeluang viral
  6. Tidak profokatif

Cara Menulis Artikel yang Baik

Cara menulis artikel yang sesuai dengan tips diatas adalah sebagai berikut:

Menghindari Artikel Copy Paste

Menjiplak adalah pekerjaan yang mudah, karena dengannya kita tidak membutuhkan banyak tenaga dan pikiran. Tapi tentu saja pengaruhnya sangat buruk untuk berbagai hal. Begitu juga dengan tulisan, dilarang keras bagi kita untuk menjplak hasil tulisan orang lain, meskipun hanya dalam tulisan di blog.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar kita terhindar dari kebiasaan copy paste tulisan orang, yaitu dengan cara:

  1. Sering membaca

Dengan kita banyak membaca, maka otomatis banyak bahan yang akan ditulis. dengan banyaknya bahan ini kita tinggal mengkolaborasikan apa-apa yang ada dalam kepala kita.

Karena kita pasti sadar bahwa otak kita ini bisa menyimpan banyak memori. Jadi jangan pernah takut untuk membaa banyak hal yang informatif, karena suatu saat – terutama saat menulis – kita bisa memanggil lagi apa-apa yang pernah kita baca.

Tapi cara yang paling aman agar kita terhindar dari lupa adalah dengan segera menuliskannya. Ya, jika kita telah selesai membaca beberapa halaman buku, langsung menuliskannya hari itu juga. Alasannya tentu karena ingatan masih hangat jadi lebih mudah untuk menuliskannya kembali dengan bahasa kita.

  1. Sering menulis

Mempunyai kebiasaan menulis adalah syarat utama untuk menjadi penulis. Ibarat seorang pilot yang piawai mengendalikan pesawat, dia bisa kapan saja membawa pesawat untuk melintasi jarak tertentu.

Begitu juga jika kita sudah terbiasa menulis, kegiatan ini akan sangat menyenangkan. Jadi kegiatan menulis bagi seorang penulis seharusnya sudah menjadi kegiatan rutin sebagaimana kita makan, bahkan bernapas. Jadi jika satu hari tidak menulis sama sekali tentu kesehatan kita akan terganggu.

Saat itulah tidak akan ada niat kita untuk meng-copas tulisan orang. Karena kegiatan menulis sendiri sangat kita butuhkan.

  1. Memadukan antara yang dibaca dengan pengalaman

Lagi-lagi memang syaratnya harus rajin membaca. Tapi point ini adalah bagaimana kita bisa memadukannya dengan pengalaman kita. jadi apa yang kita baca harus bisa dipadukan dengan apa yang kita alami.

Misalnya, kita menulis tentang definisi tentang sesuatu dengan membaa buku atau referensi lainnya. Nah, untuk contohnya kita bisa mengambil dari pengalaman sekitar kita.

  1. Sering menyimpulkan sesuatu

Kita akan terbantu menulis sesuatu dari pemikiran kita jika kita sudah terbiasa menyimpulkan sesuatu sendiri. Karena sebuah artikel yang ditulis sesuai dengan sumber-sumber referensi yang ada pun tanpa diberi kesimpulan maka artikel itu akan mengambang.

 

Menulis Artikel Sesuai Referensi Aslinya

Sekarang ini kita dimudahkan untuk mendapatkan sumber referensi tulisan baik dari buku, majalah atau referensi online yang jumlahnya kian hari makin banyak. Dengan adanya referensi inilah maka bukan hal yang sulit bagi kita untuk bisa update artikel blog kita setiap harinya.

BACA JUGA   Cаrа Mеnulіѕ Artіkеl / Makalah untuk Tugаѕ Kuliah

Tapi yang harus diingat adalah dengan kemudahan yang ada ini jangan sampai kita tidak memberikan hak kepada pemikil konten aslinya, baik dari buku atatu media online.

Jika kita mendapatkan referensi dari buku atau media cetak lainnya, maka jangan lupa untuk menuliskan siapa nama penulis atau medianya. Jika berasal dadri media online jangan lupa juga untuk menyertakan URL link media asalnya.

Ini adalah hal yang harus dilakukan sebagaimana dalam bidang akademik kita selalu menyertakan catatan kaki dari referensi yang kita pakai. Dalm blog pun juga begitu. Jangan sampai agar terlihat hebat, kita tidak menyertakan sumber referensi yang kita mendapatkan banyak pengetahuan dan informasi darinya.

 

Menulis Artikel dengan Sangat Informatif

Kebutuhan masyarakat saat ini akan informasi sangat tinggi. Dengan informasi yang banyak menyebar pada masyarakat inilah seakan mereka membutuhkannya sebagaimana mereka membutuhkan hal penting lainnya dalam kehidupan sehari-hari.

Tanpa informasi memang manusia bisa hidup. Tapi hidupnya juga tidak akan berkembang dengan minimnya informasi yang ada di tempat lainnya, atau bidang lainnya, atau sekedar informasi dari apa-apa yang disukainya (hoby).

Karena itu sudah banyak blog yang mempunyai applikasi yang siap diunduh dengan tujuan setiap update artikel blog bisa dinikmati oleh pembacanya. Dengan alasan inilah maka penting untuk menulis artikel dengan sangat informatif sehingga apa yang dibaca oleh pengunjug blog bernilai pengetahuan atau hiburan.

 

Menulis Artikel dengan Sangat Inspiratif

Ada banyak orang dan cerita inspiratif di sekeliling kita. jika kita menulisnya setiap hari pun rasanya tidak akan habis dan bisa menjadi bahan postingan artikel kita. ini tentu akan disukai banyak orang, karena naluri setiap orang memang sejatinya menyukai pada hal-hal yang bersifat universal.

Misalnya kisah tentang orang yang suka membantu orang lain yang membutuhkan, akan mendapatkan respon positif dari pembaca lebih cepat dibanding dengan postingan tentang cerita pribadinya sukses membuka usaha tertentu. Entah mungkin karena nilai-nilai yang diperjuangkan pada kisah pertama lebih menyentuh emosi, tapi begitulah kenyataannya postingan semacam ini memang lebih menginspirasi banyak orang dibanding saat seorang dengan usahanya mencapai kesuksesan tapi untuk kebahagiannya sendiri.

Saat kita menulis artikel yang inspiratif coba sebisa mungkin untuk bisa menyentuh sisi emosi pembaca. caranya dengan menghidupkan suasana dalam kisah yang kita tulis.

Tips dan Cara Menulis Artikel yang Baik dan Benar untuk Website

 

Menulis Artikel yang Berpeluang Viral

Sebuah tulisan disebut viral jika yang membaca, like dan share tulisan itu sangat banyak. Atau dengan kata lain tulisan itu mendapatkan respon yang sangat baik dari pembaca. sesuatu yang viral ini kebanyakan dilakukan tanpa perananaan, natural yang terjadi begitu saja.

Tapi ada cara yang membuat sebuah artikel berpeluang viral, yaitu salahsatunya dengan menulisnya sebelum sebuah musim atau trend terjadi.

Menulis Artikel Tanpa Menyinggung SARA

Sebenarnya bukan hanya dalam penulisan artikel, tapi dalam kehidupan sehari-hari juga kita harus menghindari sesuatu yang berbau SARA, karena hal itu akan menyinggung pihak lain. Hal ini juga diberlakukan oleh seluruh search engine, terutama Google yang sangat ketat dalam membasmi konten yang mengandung SARA.

Tujuannya tentu agar setiap pengunjung blog kita merasa nyaman dengan apa-apa yang kita tulis. Jika ini sudah terjadi mereka tidak enggan untuk berkunjung kembali dan membaca artikel-artikel postingan kita. saat itulah kita telah berhasil menyajikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain, melalui konten-konten yang kita tulis.

 

Menulis Artikel yang Baik untuk Blog

Selain memenuhi kriteria diatas, supaya artikel kita baik untuk blog (mudah terindek di mesin penari) maka harus diperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Menulis Artikel Sesuai Kategori
BACA JUGA   Lowongan Kerja Penulis Artikel Freelance sebagai Sumber Penghasilan Mahasiswa

Saat kita akan menulis artikel kita harus memilah akan diposting di kategory mana artikel yang kita tulis. Jadi setiap kali terindeksi di mesin penari, biasanya kategory ini muncul.

Jadi jangan pernah salah menentukan kategory postingan, karena nanti jika ada kesalahan tentu akan membua pengujung blog kita bingung, misalnya:

“Ini kategory rumah, kenapa pembahasannya tentang kuliner?”

  1. Menambahkan tag yang sesuai keyword

Tag dalam setiap postingan ini juga menjadi penentu terindaksnya sebuah artikel di mesin pencari. Karena itu kita harus terampil dalam membuat tag, sehingga keyword sejenis dengan keyword yang kita bidik juga bisa “kena.”

Misalnya kita akan menulis artikel tentang penjualan alpukat, maka kita bisa membuat tag di artikel sebagai berikut:

Jual alpukat murah,

jual alpukat …..(nama desa/ kelurahan),

jual alpukat ….. (nama keamatan),

jual alpukat ….. (nama kota),

jual alpukat …. (nama karesidenan)

jual alpukat ……. (nama propinsi)

jual bibit pohon alpukat

dll

  1. Tambahkan Gambar yang Mendukung Isi Artikel

Selain Artikel yang baik, cara pengindekaan artikel oleh mesin pencari juga bisa melalui gambar yang kita sertakan pada setiap artikel yang kita posting. Tapi tentunya gambar yang terindeks ini mempunyai nilai lebih dibanding gambar yang juga terposting pada artikel blog sejenis.

Apa saja kriteria gambar yang baik untuk mendukung terindeksnya sebuah artikel di mesin pencari?

  • Gambar yang original (bukan copas dari blog lain)
  • Jika menggunakan milik orang lain, tulis sumber referensinya
  • Resolusinya besar hingga gambar tampak jelas
  1. Menulis Artikel dengan Judul Membidik Longtail Keyword

Keyword adalah komponen untama dalam penulisan artikel. Karena dengan keyword inilah nanti blog kita akan diakses oleh orang yang menari di mesin pencari. Namun memang harus diakui bahwa blog yang berada di halaman pertama (page one) pada setiap mesin pencari biasanya memang kemungkinan lebih banyak dibaca di banding halaman selanjutnya. Karena itulah mengapa banyak pemilik blog berlomba-lomba dalam memenangkan kompetisi memunulkan blognya di page one mesin pencari.

Secara mudah ilustrasinya bisa diurutkan seperti ini:

A –> mencari dengan keyword “penjual alpukat” –> seacrh engine menampilkan hasil –> A membaca hasilnya (biasanya hanya page one saja).

Karena itu jika kita merasa bahwa blog kita nilai DA (Domain Authority) dan PA (Post Authority) nya belum kuat, maka yang bisa kita lakukan adalah dengan membidik keyword yang panjang (longtail keyword).

Apakah longtail keyword itu?

Longtail keyword adalah keyword yang sangat panjang, detail yang memungkinkan setiap kali pencari mengetikkan keyword yang panjang itu maka blog kita yang akan muncul. Atau dengan kata lain longtail keyword ini biasanya digunakan bagi blog yang masih baru yang nilai DA PA nya masih kecil dengan tujuan bisa tetap muncul di google dengan persaingan keyword yang rendah.

  1. Menulis Artikel dengan Judul Membidik Keyword Utama

Bisa membidik keyword utama adalah impian bagi semua pemilik blog. Karena keyword utama ini bisa mendatangkan traffi blog hingga jutaan setiap bulannya. Dengan banyaknya traffic ini kemungkinan pengunjung datang ke blog kita semakin besar.

Tapi memang untuk membidik keyword utama ini tidaklah mudah, karena persaingannya juga sangat tinggi. Jadi yang menjadi nilai pertimbangan bagi searh engine bukan hanya artikel yang ditulis tapi keseluruhan yang ada di blog, DA PA dan berbagai hal lainnya.

Untuk artikel biasanya yang menang bersaing di mesin penari adalah yang sesuai dengan apa yang kita bahas diatas sebelumnya.

Tips dan Cara Menulis Artikel yang Baik dan Benar

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2020 PENULIS KREATIF

Iwan Wahyudi adalah Penulis Biografi, Ghost Writer dan Content Strategist yang mulai banyak dikenal di Indonesia. 

Sebagai penulis biografi dan ghost writer telah membantu 20 an klien menyelesaikan penulisan bukunya. 

Sebagai content strategis bukan hanya menjadikan situs yang dikelola banyak dikenal oleh klien, tapi juga dengan itu ia dapat membantu penulis profesional lainya dalam mendapatkan klien sesuai kapasitasnya. 

Kini ia mulai merintis self publihing dengan harapan bisa membantu klien mulai dari penulisan konten buku, pewajahan hingga cetak buku sesuai budget yang disediakan oleh setiap klien. 

Ia akan tetap membuka peluang kerjasama dengan pihak manapun, baik pribadi, perusahaan, agency desain, advertising dan yang lainnya untuk tetap memberikan konten yang kreatif dan berkualitas. 

Minat bekerja sama ? Silahkan WA di 0857 1149 4600