Tips Menjadi Penulis Kreatif di Indonesia

Tips Menjadi Penulis Kreatif di Indonesia

Penuliskreatif.com – Tips Menjadi Penulis Kreatif di Indonesia. Kali ini kita akan membahas tentang tips menjadi penulis kreatif di Indonesia. Ini adalah pembahasan yang menarik di tengah makin banyaknya platform penulisan di tanah air. Ya, menulis saat ini tidak hanya di buku atau surat kabar, tapi dengan piawai menulis di media social pun seseorang bisa menjadi penulis yang terkenal, misalnya jika dia aktif menulis di blog. Sudah banyak blogger Indonesia yang penghasilannya sangat fantastis yang semuanya bisa diraih dengan bekal kreativitas. Jadi, memang menjadi manusia kreatif adalah keharusan bagi seorang penulis.

Definisi penulis kreatif

Kreatif dapat diartikan sebagai menciptakan sesuatu yang baru dan bermanfaat bagi orang banyak. Jika disansingkan dengan kata penulis, maka berarti penulis kreatif adalah penulis yan bisa meniptakan ide baru yang nantinya akan bermanfaat (bisa memotivasi) penulis lainnya.

Adapun syarat seseorang bisa disebut kreatif adalah dia tidak mau menduplikasi apa yang sebelumnya ditulis oleh orang lain. Karena dalam bidang apapun menulis persis apa yang ditulis orang lain adalah dilarang, apalagi dalam ranah akademis dan perbukuan. Mereka yang melakukannya bisa dikenakan hal cipta.

Lalu, bagaimana jika harus mengutip pernyataan seseorang?

Caranya adalah dengan menyertakan referensi aslinya. Misalnya dalam sebuah tulisan kita mengambil dari pendapat seseorang dalam sebuah buku, maka harus ditulsi bahwa apa yang kita tulis itu adalah pendapat dari ….. (nama) dan menyebutkan judul bukunya beserta nomor halamannya.

Menulis untuk Mengikat Pengetahuan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa menulis mempunyai banyak manfaat bagi manusia. Tidak hanya sebagai pencatat sebuah kejadian atau peristiwa penting, saat ini menulis mempunyai peran yang lebih. Diantaranya adalah dengan menulis seseorang bisa mempunyai daya ingat yang kuat tentang sesuatu hal yang pernah ditulisnya.

Ya, sebagaimana dalam pepatah Arab yang menyebutkan,

“Ilmu adalah binatang buruan dan tulisan adalah talinya,”

maka disini ditekankan tentang pentingnya proses menulis untuk membuat sebuah data yang diterima lebih tahan lama berada dalam ingatan kita.

Ya, sebuah proses belajar tentang berbagai hal akan semakin mudah jika kita melakukannya disertai proses menulis berbagai hal yang kita dapatkan itu. Proses kita menulis apa-apa yang telah kita baca atau pelajari ini seseunguhnya juga membutuhkan kreativitas kita juga, agar saat kita membutukannya lebih mudah untuk memahaminya lagi.

Memang manfaat membaca untuk menjadi bahan tulisan ini sangat penting bagi seorang penulis. Mereka yang gemar membaa biasanya saat menulis bahannya sangat banyak sesuai dengan apa-apa yang pernah dibacanya. Begitu juga sebaliknya. Dengan mengetahui akan pentingnya membaca untuk proses menulis ini, apakah masih juga Anda malas untuk membaca?

Jangan sampai rugi lho. Apalagi banyak penilitian terkini yang menyebutkan tentang manfaat kebiasaan menulis (juga disertai membaca) yang membawa faktor kesehatan bagi pelakunya. Diantaranya adalah dengan kebiasaan seseorang membaca dan menulis secara intens maka tingkat kepikunannya akan berkurang secara signifikan. ini tentu merupakan kabar gembira bagi mereka yang gemar dengan dua kegiatan membaca dan menulis secara bersamaan.

Proses menjadi penulis kreatif

Setelah mengetahui pentingnya menjadi penulis kreatif kita juga harus tahu, bagaimana proses untuk menjadi penulis kreatif?

BACA JUGA   Full Layanan Jasa Penulis Kreatif

Mungkin banyak referensi yang menulis bagaimana cara menjadi penulis kreatif. Tapi bagi saya cara untuk menjadi penulis kreatif itu bisa disederhanakan menjadi 3 proses:

  1. Bagaimana cara mendapatkan ide kreatif

Mendapatkan ide untuk penulisan bagi seorang penulis pemula mungkin tidak mudah. tapi bagi penulis yang telah berpengalaman hal itu mengalir begitu saja. Apa yang ada di sekelilingnya bisa dijadikan bahan tulisan yang menarik. Apa saja akan menjadi menarik di tangan yang kreatif.

Lalu bagaimana cara mendapatkan ide kreatif bagi penulis pemula?

Caranya adalah dengan menuliskan hal-hal yang paling disukai atau yang dikuasai. Biasanya untuk dua hal ini seseorang bisa menulisnya dengan sangat mendalam. Dengan ia suka pada suatu hal, maka apa-apa yang berkaitan tentang hal itu bisa dijelaskan dengan sangat antusias, meskipun mungkin ada yang kurang tepat dalam penulisannya. Hal ini adalah wajar, dan bagi saya lebih baik dibanding tidak pernah menulis sama sekali.

Begitu juga dengan menuliskan sesuatu yang dikuasai. Seesorang bisa menuliskannya seperti dia sedang menjelaskan sesuatu pada orang lain. Penjelasannya akan runut, teratur dan disertai dengan contoh untuk memudahkan pemahaman yang membacanya.

Tapi yang perlu diingat adalah kita awalnya bisa menguasai sesuatu adalah karena dimulai dari ketertarikan kita (suka) pada hal itu. Dengan yang awalnya suka, maka ada semangat untuk belajar hingga menguasai hal tersebut.

  1. Bagaimana cara mencatat ide kreatif

Sebagaimana yang dijelaskan diatas mencatat adalah untuk mengikat apa-apa yang telah kita ketahui. Supaya catatan ini mudah dipahami jika suatu saat membutuhkannya lagi, maka yang harus dilakukan adalah bagaimana menjadikan kita ini lebih sistematis atau menggunakan gambar atau cara lain yang memudahkan kita untuk “memanggil memori” kita lagi.

Ada orang yang menatat sesuatu dengan sangat detail. Ada juga orang lainnya yang hanya menatat point-pointnya saja, sedangkan yang lain ada yang hanya menyimpannya dalam bentuk coretan-coretan dan gambar yang mudah dipahami oleh dirinya.

  1. Bagaimana mengemas menjadi bacaan kreatif

Ini adalah proses terpenting dalam menjadi menjadi penulis kreatif. Karena ini akan berkaitan erat dengan gaya bahasa penulis yang sangat diharapkan bisa mudah dipahami oleh pembaca.

Buku atau tulisan yang sukses bukan buku / tulisan dengan bahasa yang “tinggi” tapi buku yang bisa diterima banyak kalangan dengan berbagai tingkat pendidikan. Buku ini bisa memahamkan sesuatu yang sebelumnya sangat sulit menjadi sangat mudah dengan berbagai cara kreatif penulisnya.

Untuk hal ini memang dibutuhkan pengalaman menulis yang cukup, sehingga ia bisa menulis dengan bahasa yang bisa dipahami seorang yang awam sekalipun. Manfaat dari penyampaian yang seperti ini adalah tulisannya bisa diterima secara luas yang pada girilannya ini akan menguntungkan dirinya sendiri, selain itu juga tentunya mendapatkan nilai yang sangat besar, karena bisa memahamkan banyak orang sesuai tema yang dibahas.

Jangan pernah bosan untuk selalu berusaha menjadi penulis kreatif. Karena memang kreatif itu adalah proses yang terus menerus harus dijaga dengan kesungguhan hati. Tidak serta merta hanya menciptakan satu karya dengan kreatif, selanjutnya seseorang bisa dianggap sebagai seorang yang kreatif.

Jadi harus ada usaha terus menerus melakukan 3 proses menjadi penulis kreatif diatas (mendapatkan ide, mencatat dan mengemas menjadi tulisan kreatif). Ini memang bukan hal yang mudah. Tapi kita juga akan mendapat imbalan yang sama dengan apa-apa yang telah kita usahakan itu.

BACA JUGA   Manfaat Menguasai Penulisan Kreatif (2)

Apakah imbalannya?

Selain rasa puas bisa menginspirasi banyak orang dengan tulisan yang kreatif megajak pada nilai-nilai positif, kita juga akan mendapatkan imbalan berupa penghasilan yang tidak bisa dilihat dengan sebelah mata. Mengapa? Karena profesi menulis saat ini sudah menjadi profesi favorit yang menjanjikan karena bisa menjadi pundi-pundi penghasilan yang tidak sedikit. Apalagi sejak dikenal istilah writerpreneur yang kini banyak diminati oleh penulis di Indonesia.

Apa itu Writerpreneur ?

Writerpreneur adalah istilah yang disematkan kepada seseorang yang mempunyai passion dan kemampuan menulis dengan menjadikan tulisan sebagai jasa yang bisa dijual. Jika sebelumnya kita lebih mengenal istilah enterpreneur (pengusaha), maka writerpreneur sesungguhnya juga pengusaha yang lebih spesifik, yaitu usaha menjual jasa menulis.

Cara kerja writerpreneur berbeda dengan penulis masa dulu yang mungkin banyak mendapatkan penghasilan dari royalty penulisan buku. Sedangkan writerpreneur ini biasanya mendapatkan imbalan langsung setiap kali dia menyelesaikan satu proyek penulisan buku. Dengan kata lain lagi-lagi kreativitas menjadi modal dasar bagi seorang writerpreneur untuk terus menghasilkan karya yang banyak dinanti-nanti oleh pembacanya.

Menulis Kreatif sebagai Pilihan cara Menulis

Dengan adanya writerpreneur yang makin marak itulah saat ini sebuah kreativitas menulis seakan menjadi faktor penentu terbesar bagi seorang penulis unutk menghasilkan sebuah karya yang baru. Keadaan ini menyababkan banyaknya buku dengan tema tips menjadi penulis kreatif di Indonesia semakin laris di pasaran.

Padahal tips untuk menjadi penulis kreatif tidaklah sulit. Cukup bagaimana kita sebagai penulis bisa menangkap peluang yang bisa menyebabkan banyak orang dengan berbagai latarbelakangnya menjadi tertarik untuk menulis buku dengan bantuan jasa kita.

Jika untuk penulisan buku terlalu berat dan lama prosesnya, Anda bisa menawarkan jasa penulisan artikel baik unutk media online dan offline atau media cetak yang sampai kini juga menjadi ladang penghasilan bagi sebagian orang.

Jadi tdak ada alasan bagi seorang penulis kreatif untuk berhenti berkarya dengan menghasilkan tulisan. Jika kendala Anda malas menulis buku dengan beban menulis berlembar-lembar halaman, Anda bisa memulai dengan menulis sebuah artikel dengan panjang hanya satu atau dua halaman tentang sekitar Anda atau keadaan di Indonesia saat ini.

Banyak bahasan yang menarik di sekitar kita yang bisa mendapat banyak respon dari pembaca. sebagai contoh misalnya tentang pendidikan di Indonesia saat ini dengan adanya Mentri Pendidikan yang masih muda belia dan lulusan universitas luar negeri. Ada banyak respon yang juga berdasarkan keahlian bidang pendidikan yang bisa menarik kita untuk terus mengikutinya. Jadi, jangan pernah berpikir untuk kehabisan ide untuk menulis, cukup dengan kita banyak mendengar dan membaca apa-apa yang ada di sekitar kita.

Sekian pembahasan kita kali ini tentang Tips Menjadi Penulis Kreatif di Indonesia. anda bisa membaca bahasan lainnya tentang Penulis Kreatif di kategori yang sama di blog saya ini.

Facebook Comments

Incoming search terms:

  • modal dan syarat menjadi penulis kreatif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2020 PENULIS KREATIF

Iwan Wahyudi adalah Penulis Biografi, Ghost Writer dan Content Strategist yang mulai banyak dikenal di Indonesia. 

Sebagai penulis biografi dan ghost writer telah membantu 20 an klien menyelesaikan penulisan bukunya. 

Sebagai content strategis bukan hanya menjadikan situs yang dikelola banyak dikenal oleh klien, tapi juga dengan itu ia dapat membantu penulis profesional lainya dalam mendapatkan klien sesuai kapasitasnya. 

Kini ia mulai merintis self publihing dengan harapan bisa membantu klien mulai dari penulisan konten buku, pewajahan hingga cetak buku sesuai budget yang disediakan oleh setiap klien. 

Ia akan tetap membuka peluang kerjasama dengan pihak manapun, baik pribadi, perusahaan, agency desain, advertising dan yang lainnya untuk tetap memberikan konten yang kreatif dan berkualitas. 

Minat bekerja sama ? Silahkan WA di 0857 1149 4600